Pilihan Mobil Bekas Rp 30 Jutaan, Masih Keren Buat Harian atau Modifikasi

Panduan Pembeli

Pilihan Mobil Bekas Rp 30 Jutaan, Masih Keren Buat Harian atau Modifikasi

Pilihan Mobil Bekas Rp 30 jutaan cukup banyak tersedia di laman pencarian Mobil123.com. mobil bekas berharga murah merupakan salah satu pilihan bijak terutama pada musim pandemi seperti saat ini.

Mobil bekas menjadi pilihan baru calon konsumen, karena harganya lebih murah. Konsumen juga bisa memilih ragam model dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pada fase ini, mobil bekas bisa diketahui kualitasnya berdasarkan komentar pemilik sebelumnya.

Mobil123.com merupakan portal otomotif terpercaya dan terbesar di Indonesia. Calon konsumen dapat memiliki mobil bekas sesuai dengan kebutuhan dan budget tentunya. Pilihan mobil bekas juga tidak terbatas tahun pembuatan, hal ini membuat lingkup pencarian semakin luas. Berikut ini pilihan mobil bekas murah di Mobil123.com dengan harga menggoda.

Honda Civic Wonder

Kendaraan ini banyak digemari oleh pengguna di kalangan anak muda. Bentuknya yang dinamis dan necis, juga mengusung spesifikasi mesin yang bertenaga membuat Civic semakin populer di Tanah Air baik unit baru atau bekas.

Tuntutan perkembangan zaman membuat Honda terus berbenah dan merancang Civic untuk lebih baik lagi. Honda Civic juga menjadi andalan beberapa eksekutif muda pada kala itu karena desainnya semakin elegan dan classy.

Jika Mobillovers tengah mencari pilihan mobil bekas Rp 30 jutaan, Honda Civic tahun 80-an merupakan salah satu yang menarik. Kendaraan bergaya sedan ini memiliki tampilan yang masih menarik hingga saat ini.

Fitur-fitur yang diusungnya cukup mumpuni untuk ukuran kendaraan sekelasnya. Paling tidak untuk calon konsumen yang mendambakan salah satu kendaraan legendaris Honda, inilah kendaraan yang cukup pas.

Honda Civic dengan sebutan Wonder ini diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 1984 dan terdapat pilihan jenis hatchback dan maupun sedan. Layaknya produk Civic lainnya, performa mesin yang andal dan bandel menjadi salah keunggulannya.
Mobil Bekas Honda Civic Wonder

Wonder sedan lebih banyak dikenal karena penjualannya yang sangat laris. Mobil ini memiliki keunggulan, yaitu ruang kabin dan bagasinya yang luas. Sedangkan, versi hatchback pada saat itu kurang digemari, namun menjadi incaran para kolektor jaman sekarang, karena kontur body yang unik, dan unit langka.

Wonder hatchback juga mendapat sebutan Civic Setrikaan karena bentuk mirip perkakas rumah tangga tersebut. Pintu belakang sebagian besar kaca ini lahir kembali pada Brio edisi pertama.

Honda Civic Wonder (SB4) sedan menggunakan mesin dengan kode mesin D151A1 berkapasitas 1.500 cc 4-silinder segaris, dua katup per silinder, SOHC (Single Over Head Cam). Output mesin ini di atas kertas sebesar 76 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 114 Nm pada 3.500 rpm.

Sedangkan untuk varian hatchback menggendong mesin 1.300 cc empat-silinder segaris dua katup per-silinder SOHC Single Over Head Cam). Besaran tenaganya hanya 71 hp pada 6.000 rpm, lalu torsi puncaknya diklaim sebesar 105 Nm pada 3.500 rpm.

Tentunya jika dibandingkan dengan kendaraan masa kini terbilang kecil, karena saat ini mesin 1.500 cc bisa menghasilkan daya maksimum di atas 100 hp. Saat ini teknologinya sudah semakin canggih dan telah menggunakan sistem injeksi, berbeda dengan Wonder yang masih mengandalkan karburator.

Bicara mobil bekas, tentunya berkaca pada kondisi terkini soal harganya. Kendaraan yang belakangan ini masuk dalam daftar koleksi para sultan di Indonesia, memiliki pasaran di kisaran Rp 25 jutaan hingga Rp 45 jutaan.

Toyota Kijang Super

Siapa yang tidak kenal Toyota Kijang di Indonesia, mobil yang dikembangkan khusus untuk pasar Tanah Air ini sangat melegenda dan sangat banyak populasinya. Kijang Super merupakan salah satu produk yang dicintai, banyak penggemar hingga penggunanya di Indonesia.

Toyota Kijang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1975 dan sejak saat itu berkembang pesat. Bentuknya sangat sederhana minim tekukan namun tetap mendapat hati di mata masyarakat saat itu.

Lalu pada era 80-an lahirlah Kijang generasi baru yakni Super yang lebih mengakomodir kebutuhan sebuah keluarga. Mobil ini identik dengan slogan Tiada Duanya dan populasinya terus bertambah banyak dari masa ke masa.

Toyota Kijang Super menggendong mesin tipe 5K berkapasitas 1.486 cc, 4 silinder, SOHC, OHV. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 61,5 hp pada putaran mesin 5.600 rpm, torsi maksimalnya mencapai 110,8 Nm pada putaran 2.800 rpm.
Mobil Bekas Toyota Kijang

Untuk transmisinya sendiri, mobil ini mengandalkan transmisi manual 5 percepatan. Sebagai informasi, Kijang Super menjadi mobil Kijang pertama yang menggunakan transmisi tersebut.

Output mesin kendaraan ini terkenal sangat bandel baik sebagai kendaraan keluarga maupun dijadikan dilibatkan urusan niaga. Kenyamanan Kijang Super didukung oleh suspensi depan model Dual Wishbone pada depan dan Leaf Spring di belakang.

Urusan fitur jangan berharap lebih, karena untuk AC (Air Conditioned) sekalipun belum disertakan pada Kijang Super. Namun beberapa dealer menawarkan opsi tambahan bagi konsumen yang menginginkan unitnya tetap adem dalam kondisi cuaca terik.

Toyota Kijang Super Bekas mulai dipasarkan pada 1986 dengan berbagai keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Dengan tidak banyak fitur yang diusung, harga mobil ini terbilang murah pasaran bekasnya.

Namun sekali lagi menilik mobil bekas akan sangat berpengaruh dengan kondisi bodi. Jika kendaraan yang akan dipinang merupakan unit rawatan ciamik, jangan heran apabila ditawarkan dengan harga mahal.

Harga Toyota Kijang Super Bekas di pasaran berkisar Rp 20 juta hingga Rp 45 jutaan. Tidak ada penyakit bawaan yang perlu dikhawatirkan dari mesin, karena sparepartsnya cukup banyak dan terjangkau.

Calon konsumen harus memastikan bodi kendaraan yang diincar masih baik, artinya belum pernah terlibat kecelakaan fatal. Kendaraan yang diincar sebaiknya masih memiliki rangka yang lurus seperti buatan pabrik, karena jika tidak akan sulit untuk membereskannya.

Suzuki Katana

Selain MPV seperti Kijang Super dan Sedan atau hatchback seperti Civic Wonder, pilihan mobil bekas di bawah Rp 30 jutaan juga mencakup SUV kecil seperti Suzuki Katana. Produk yang juga salah satu legenda Suzuki ini merupakan mobil yang bandel dan awet.

Suzuki Katana di Indonesia cukup populer dengan sebutan Jip Banci. Hal ini karena berbeda dengan versi Jepang yang menggunakan sistem penggerak 4 roda atau biasa disebut 4x4. Suzuki Katana di Tanah Air menggunakan mesin 1.000 cc dengan penggerak 4x2.
Mobil Bekas Suzuki Katana

Suzuki Katana diluncurkan pertama kali pada tahun 1984, di bawah naungan Indomobil. Karakteristiknya mudah dikenali khususnya pada atap trepes, lampu depan bundar. Mesinnya masih menerapkan kode F10A berdaya 45 HP dan torsi maksimum 73,5 Nm.

Suzuki Katana terus berbenah mengikuti kebutuhan para konsumennya. Pada 1993 lahirlah generasi ketiga dengan ciri khas atap lebih tinggi, namun lampu depannya masih bulat seperti generasi sebelumnya.

Sebagai SUV, Suzuki Katana bekas mengandalkan suspensi model Leaf Spring untuk depan dan belakang. Hal ini memiliki sisi positif dan negatif. Positifnya kendaraan lebih tahan banting diajak ke medan apapun. Lalu negatifnya untuk kebutuhan membawa keluarga, akan terasa sangat keras dan tidak nyaman.

Harga pasaran Suzuki Katana di laman pencarian Mobil123.com terpantau mulai dari Rp 15 jutaan hingga tidak terhingga. Karena Katana sudah masuk ranah koleksi, sehingga jika sudah full modifikasi atau sangat orisinil, harganya terserah sang penjual. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar