Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penjualannya Sedikit Banget, Ini Alasan Daihatsu Mempertahankan Sirion

Berita Otomotif

Penjualannya Sedikit Banget, Ini Alasan Daihatsu Mempertahankan Sirion

TANGERANG - Volume penjualan Sirion di Indonesia sangat tidak signifikan bagi Daihatsu. Tapi, ada alasan khusus yang menyebabkan city car ini masih tetap dijual.

Daihatsu, pada awal Juni 2022 kemarin, baru saja menyegarkan Sirion dengan model facelift. Ada dua tipe yang tersedia, 1.3 X CVT dan 1.3 R CVT, dengan harga on the road (OTR) Jakarta masing-masing Rp227,6 juta serta Rp236,8 juta.

Transaksi jual-beli city car ini sendiri tidak seberapa untuk Daihatsu.

Target Daihatsu bagi Sirion facelift, menurut Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, hanya 100 unit per bulan atau meningkat 30 unit dari performa sebelumnya.

Padahal, kalau menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rata-rata penjualan retail Daihatsu periode Januari-Mei 2022 mencapai sekitar 14.742 unit.

Daihatsu Sirion 2022

Sirion, menurut Hendrayadi, tetap Daihatsu pertahankan karena ingin menyediakan produk sesuai kebutuhan anak muda yang beragam. Jenama asal Jepang ini memang diketahui ingin lebih mendekati konsumen berusia muda dari kalangan milenial.

“Sekarang ini, kan, anak muda banyak dan besar populasinya. Nah, anak muda itu kebutuhan untuk (mobil) lima penumpang bukan hanya seperti Rocky yang SUV tapi ada juga yang butuh city car hatchback,” pungkas dia merespons pertanyaan Mobil123.com usai seremoni peluncuran Sirion facelift di Summarecon Mall Serpong, Tangerang.

Daihatsu, lanjut Hendrayadi, memberikan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen muda di berbagai segmen.

Termurah adalah city car di segmen low cost green car (LGCG), segmen yang diinisiasi pemerintah sejak 2013 dan mendapatkan keringanan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) karena bermesin kecil dan relatif minim polusi.

Daihatsu Sirion 2022

“Kami melayaninya untuk (kebutuhan) anak muda mulai dari Sirion yang city car hatchback, begitu juga dengan LCGC Daihatsu Ayla yang menyasar keluarga muda dan anak muda. Produk ketiga adalah SUV lima penumpang (Rocky--Red) yang sebenarnya menargetkan anak muda yang lebih mengutamakan desain SUV,” tukasnya.

Sirion facelift, selain berbeda dari sisi tampilan eksterior, juga memiliki tambahan beragam fitur.

Ada Head Unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Air Purifier, Speed Sensing Doorlock, Hill Start Assist, Idle Stop System, transmisi otomatis D-CVT. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang