Penjualan Suzuki Ertiga Hybrid Diyakini Lebih Banyak dari yang Konvensional

Berita Otomotif

Penjualan Suzuki Ertiga Hybrid Diyakini Lebih Banyak dari yang Konvensional

JAKARTA - Suzuki Ertiga facelift 2022 menawarkan dua pilihan mesin, konvensional dan hybrid. Opsi mesin kedua dipercaya menjadi kontributor utama.

Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra menjelaskan, target penjualan Ertiga facelift secara total ialah 18 ribu unit per tahun. Adapun target pangsa pasarnya di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) kini menjadi 11 persen.

“Saat ini kira-kira di angka 12 ribu-an unit. Kira-kira naik 50 persen, lah, ya (penjualannya),” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com usai konferensi pers peluncuran, Jumat (10/6/2022) di Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Suzuki Ertiga hybrid 2022

Empat tipe teratas di Ertiga facelift (GX MT, GX AT, Sport MT, Sport AT) mengusung mesin hybrid, dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp270,3-292,3 juta.

Sementara, tiga tipe di bawahnya (GA MT, GL MT, GL AT) masih bermodalkan mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) konvensional, dengan harga OTR Jakarta Rp225,1-259,5 juta.

“Kami harap komposisinya (penjualan) lebih tinggi di varian-varian hybrid,” lanjut Donny.

Alasannya, menurut dia, karena karakter konsumen di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) maupun low sport utility vehicle (LSUV) saat ini yang lebih banyak 'melirik' tipe-tipe atas.

“Empat tahun belakangan, baik itu di pasar LMPV maupun LSUV, grade-grade (tipe-tipe) yang tinggi menjadi volume maker (kontributor penjualan yang banyak) di masing-masing merek dan itu yang terjadi di Suzuki,” papar Donny.

Suzuki Ertiga hybrid 2022

Pada enam bulan pertama setelah peluncurannya, dua varian Ertiga hybrid (GX serta Sport) ia prediksi bisa menyumbang 70-80 persen penjualan dari model tersebut.

Setelah itu diyakini akan ada penurunan, tapi Ertiga hybrid dipercaya tetap menjadi pilihan terbanyak.

“Mungkin ada penurunan kira-kira dari 70 persen menjadi 60-65 persen. Tapi kontributor terbesar tetap di grade-grade tertinggi,” pungkas Donny.

Sekadar informasi, Ertiga hybrid menjadi mobil hybrid pertama di segmen LMPV. Salah satu andalan penjualan Suzuki ini pun menjadi mobil hybrid termurah di Tanah Air.

Ertiga hybrid memiliki teknologi mild hybrid yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Kinerja Ertiga hybrid mengandalkan baterai lithium-ion berkapasitas kecil, Integrated Starter Generator (ISG), maupun mesin bensin 1.5-liter. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar