Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Meroket, Kini Sudah Melebihi Sedan

Berita Otomotif

Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Meroket, Kini Sudah Melebihi Sedan

JAKARTA – Transaksi jual-beli mobil listrik di Indonesia melonjak drastis pada 2022. Komposisinya di pasar bahkan sudah melampaui sedan.

Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menerangkan penjualan mobil nasional secara wholesales (distribusi pabrikan ke diler/untuk stok) sepanjang Januari-November 2022 mencapai 942 ribu unit. Dari raihan tersebut, penjualan mobil listrik terpantau meningkat pesat.

“Mobil-mobil berteknologi elektrifikasi pasarnya tumbuh cukup signifikan. Pada 2021, komposisinya (terhadap penjualan) masih 0,4 persen dari pasar. Pada 2022, sejauh ini, komposisinya menjadi lebih dari 1,6 persen. Jadi, sudah empat kali lipat (kenaikannya),” papar dia dalam Toyota End Year Gathering 2022 pada Kamis (8/12/2022) di Senayan, Jakarta.

mobil listrik Wuling Air EV

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Indonesia secara wholesales selama 11 bulan 2022 menyentuh 942.499 unit. Pertumbuhannya jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy) mencapai 19,2 persen.

Jika komposisi mobil listrik terhadap pasar tahun ini adalah 1,6 persen, artinya penjualannya kini sudah cukup jauh di atas model-model sedan bermesin konvensional. Data menunjukkan bahwa kontribusi segmen sedan di pasar hanya 0,8 persen, dengan volume 7.103 unit.

Sekadar mengingatkan, industri serta pasar mobil listrik di Indonesia mulai terakselerasi setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019. Di dalamnya antara lain menginstruksikan pemberian insentif fiskal maupun nonfiskal bagi kendaraan listrik maupun pabrikannya.

mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Berbagai regulasi turunannya pun hadir. Misalnya saja insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan mobil listrik murni; Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) 0 persen maupun bebas aturan ganjil-genap untuk mobil listrik murni daerah DKI Jakarta; uang muka (down payment/DP) ringan sampai dengan 0 persen untuk kredit mobil listrik.

Bagi para pabrikan, contoh insentifnya adalah tax holiday, super tax deduction.

Toyota Kijang Innova Zenix

Beragam model mobil listrik kemudian meluncur. Di antaranya adalah model-model rakitan lokal semisal Hyundai Ioniq 5, Wuling Air EV, Toyota Kijang Innova Zenix.

Pada 2035, pemerintah menargetkan produksi lokal 1 juta unit mobil listrik. Adapun jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada 2030 direncanakan lebih dari 24 ribu unit. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang