Pemilik Mobil Cenderung ke Bengkel Umum Saat Garansi Habis, Apa Ruginya?

Panduan Pembeli

Pemilik Mobil Cenderung ke Bengkel Umum Saat Garansi Habis, Apa Ruginya?

JAKARTA – Para pemilik mobil di Indonesia cenderung melakukan servis ke bengkel umum, setelah masa garansi atau periode servis gratis selesai. Padahal, ada setidaknya tiga kerugian yang akan mereka alami dalam jangka panjang.

Head of After Sales Marketing & Promotion Section, After Sales Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tegar Ardisura mengakui sebagian pemilik mobil memang hanya servis di bengkel resmi selama masa garansi atau periode servis gratis. Setelahnya, mereka akan beralih ke bengkel-bengkel umum.

“Mungkin (alasan) terbesar karena faktor biaya yang bisa dibilang lebih rendah,” ucap dia dalam konferensi pers virtual pada Rabu (29/9/2021).

Padahal, lanjut Tegar, dengan melakukan itu ada beberapa keuntungan servis di bengkel resmi yang pastinya tidak lagi mereka dapatkan.

servis mobil di bengkel resmi Mitsubishi

Pertama adalah rekam jejak servis yang tercatat dengan sangat rapi di sistem jaringan bengkel resmi. Ini antara lain sangat berguna ketika mobil suatu waktu mengalami permasalahan.

“Sehingga, kalau terjadi kerusakan di kemudian hari, penyebabnya segera bisa diprediksi dan tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah,” papar dia.

Kedua, bengkel resmi selalu memberikan jaminan suku cadang orisinil yang sesuai dengan standar dari pabrikan. Adapun perlakuan di bengkel umum sangat bervariasi.

“Ketiga, harga jual kembali kendaraan akan tetap tinggi karena selalu melakukan perawatan di bengkel resmi,” pungkas Tegar.

Paket Servis Hemat dan Perpanjangan Garansi Mitsubishi

Mitsubishi sendiri, tambah dia, memiliki program Extended Smart Package yang dapat dibeli setelah periode awal servis gratis sudah habis. Dengan program ini, biaya servis berkala bisa lebih hemat hingga 25 persen.

Terdapat tiga opsi yang dapat dipilih dalam Extended Smart Package. Ada paket dua kali perawatan berkala, empat kali perawatan berkala, atau enam kali perawatan berkala.

Di samping itu, garansi kendaraan pun diperpanjang sampai satu tahun atau 30 ribu km.

Mitsubishi Pajero Sport bisa dapat Extended Smart Package

“Konsumen mendapatkan keuntungan lebih berupa biaya suku cadang dan jasa lebih hemat hingga 25 persen untuk komponen-komponen seperti engine oil, oil filter, AC filter, dan gasket. Program ini berlaku untuk tiga model yaitu Pajero Sport, Xpander, serta Xpander Cross,” papar Tegar. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar