Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pecah Ban? Ini Langkah yang Bisa Selamatkan Anda

Panduan Pembeli

Pecah Ban? Ini Langkah yang Bisa Selamatkan Anda

JAKARTA – Berkendara di jalan raya memang tidak bisa dianggap enteng. Meski kendaraan sudah disiapkan dengan maksimal, masalah bisa saja terjadi di tengah jalan.

Salah satu masalah yang bisa berakibat fatal adalah ban meletus. Kondisi ini bisa menyebabkan kecelakaan fatal dan dapat menimbulkan korban jiwa.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini? Berikut adalah ulasannya.

  1. Jangan panik. Panik memang manusiawi tapi kondisi tersebut juga dapat menyebabkan orang tidak dapat berpikir dengan tepat. Akibatnya, langkah-langkah sederhana yang seharusnya bisa dilakukan, justru tidak dilakukan.
  2. Saat sadar ban meletus, berkendaralah ke tepi jalan dan jangan menginjak pedal gas dan rem. Biarkan mobil melaju dengan sendirinya.
  3. Pastikan Anda menyalakan lampu darurat.
  4. Jangan kehilangan fokus saat mengemudi dengan kondisi ban pecah.
  5. Jangan mengerem mobil secara mendadak. Mengerem mobil secara mendadak akan memindah bobot mobil ke depan, akibatnya  setir akan semakin menarik ke arah ban pecah dan mobil akan berbalik.
  6. Untuk mengurangi kecepatan cukup lepaskan kaki dari pedal gas dan gunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan mobil.
  7. Pastikan Anda mengetahui ban mana yang pecah. Bila ban depan yang pecah, artinya jika ban pecah di bagian depan maka Anda perlu melakukan counter steering. Jadi jika seandainya saja ban Anda pecah bagian kiri maka setir akan berat ke kiri. Jadi yang harus Anda lakukan adalah arahkan kemudi ke kanan hingga arah laju tetap stabil begitu pun sebaliknya.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan malas untuk memeriksa tekanan angin pada ban. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang