Pecah Ban? Ini Langkah yang Bisa Selamatkan Anda

Panduan Pembeli

Pecah Ban? Ini Langkah yang Bisa Selamatkan Anda

JAKARTA – Berkendara di jalan raya memang tidak bisa dianggap enteng. Meski kendaraan sudah disiapkan dengan maksimal, masalah bisa saja terjadi di tengah jalan.

Salah satu masalah yang bisa berakibat fatal adalah ban meletus. Kondisi ini bisa menyebabkan kecelakaan fatal dan dapat menimbulkan korban jiwa.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini? Berikut adalah ulasannya.

  1. Jangan panik. Panik memang manusiawi tapi kondisi tersebut juga dapat menyebabkan orang tidak dapat berpikir dengan tepat. Akibatnya, langkah-langkah sederhana yang seharusnya bisa dilakukan, justru tidak dilakukan.
  2. Saat sadar ban meletus, berkendaralah ke tepi jalan dan jangan menginjak pedal gas dan rem. Biarkan mobil melaju dengan sendirinya.
  3. Pastikan Anda menyalakan lampu darurat.
  4. Jangan kehilangan fokus saat mengemudi dengan kondisi ban pecah.
  5. Jangan mengerem mobil secara mendadak. Mengerem mobil secara mendadak akan memindah bobot mobil ke depan, akibatnya  setir akan semakin menarik ke arah ban pecah dan mobil akan berbalik.
  6. Untuk mengurangi kecepatan cukup lepaskan kaki dari pedal gas dan gunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan mobil.
  7. Pastikan Anda mengetahui ban mana yang pecah. Bila ban depan yang pecah, artinya jika ban pecah di bagian depan maka Anda perlu melakukan counter steering. Jadi jika seandainya saja ban Anda pecah bagian kiri maka setir akan berat ke kiri. Jadi yang harus Anda lakukan adalah arahkan kemudi ke kanan hingga arah laju tetap stabil begitu pun sebaliknya.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan malas untuk memeriksa tekanan angin pada ban. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support