Malas Periksa Tekanan Ban? Tanggung Resiko Ini

Panduan Pembeli

Malas Periksa Tekanan Ban? Tanggung Resiko Ini

JAKARTA - Salah satu penyebab kerusakan cepat pada ban mobil Anda, selain masalah infrastruktur, adalah karena tekanan angin yang tidak pas. Maka itu, cegah kerusakan dini pada ban dengan memeriksa tekanan angin.

Situs resmi Toyota memaparkan kalau pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara rutin sedikitnya satu kali dalam sebulan. Selain itu, pemeriksaan dapat dilakukan bila ban terlihat kempes atau tekanan angin berlebih, terutama bila akan pergi jauh.

Pemeriksaan tekanan angin pada ban bersifat penting sebab kekurangan atau kelebihan tekanan justru akan menyebabkan kerusakan pada ban. 

Artikel bersambung dibawah

Sebab tekanan angin yang berlebihan pada ban dapat menyebabkan ban kurang dapat menahan guncangan sehingga mengurangi tingkat kenyamanan pengendara. Pengendalian kendaraan juga menjadi kurang baik. 

Jika kelebihan tekanan angin terus dibiarkan maka ban akan lebih mudah aus pada bagian sisi tengahnya. 

Sedangkan bila tekanan angin pada ban kurang, maka dapat menyebabkan ban lebih cepat aus pada bagian sisi telapak. Penggunaan bahan bakar juga akan meningkat. Hal ini terjadi karena ban kempes membuat beban ban lebih berat sehingga mesin harus bekerja lebih keras.

Karena itu, periksa selalu tekanan ban mobil Anda dengan mengacu pada buku pedoman pemilik kendaraan atau label petunjuk tekanan angin pada pilar pintu pengemudi kendaraan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual