Pabrik Suzuki Mulai Beroperasi untuk Pasar Ekspor

Berita Otomotif

Pabrik Suzuki Mulai Beroperasi untuk Pasar Ekspor

JAKARTA - Suzuki Indonesia secara bertahap mulai mengoperasikan kembali pabrik mulai tanggal 26 Mei 2020.

Keputusan ini diambil untuk memenuhi kebutuhan ekspor karena pasar internasional mulai berangsur pulih dari dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dioperasikannya pabrik Suzuki Indonesia dilakukan secara bertahap.

“Pabrik Suzuki mulai beroperasi kembali secara bertahap untuk memenuhi permintaan ekspor, mengingat pasar internasional sudah mulai pulih pascapandemi Covid-19. Namun, pada tahap awal ini kami akan mengurangi volume produksi, dan secara bertahap akan kami lakukan evaluasi agar volumenya bisa ditingkatkan,” ungkap Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales.

Dalam operasionalnya, Suzuki Indonesia akan tetap menjalankan Suzuki Hygiene Commitment dan standar protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah. Dengan ini diharapkan tidak akan terjadi penularan Covid-19 di area Suzuki.

Suzuki juga membagi jadwal makan siang di pabrik menjadi 2 shift sehingga tidak terjadi penumpukan orang serta membuat sekat di atas meja makan. Selain itu, di beberapa lokasi kerja yang tidak memungkinkan untuk dilakukan physical distancing, seperti di line production, dipasangi sekat di antara karyawan untuk meminimalkan risiko penularan virus.

Seperti disampaikan Seiji Itayama, pabrik Suzuki beroperasi kembali secara bertahap. Dari ketiga lokasi pabrik di Cakung, Cikarang, dan Tambun yang terbagi menjadi Tambun 1 dan tambun 2. Pabrik Tambun 2 merupakan area yang belum akan beroperasi karena disana merupakan lokasi produksi untuk kendaraan pasar domestik, seperti Carry Pick Up, APV, dan Karimun Wagon R.

“Kami berupaya dengan optimal mendukung perekonomian Indonesia dan memprioritaskan kualitas layanan untuk pelanggan. Namun, keselamatan dan kesehatan karyawan juga tetap menjadi fokus kami. Kami harap keputusan ini adalah yang terbaik untuk semua pihak pada saat pandemi Covid-19 ini,” kata Itayama.

Presiden Joko Widodo berharap Indonesia mulai memasuki masa era new normal pada 5 Juni 2020 dan di awali di beberapa daerah tertentu. Hingga berita ini dibuat, sedikitnya sudah ada 102 kota dan kabupaten yang dinilai sudah layak untuk memasuki era tersebut oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sayangnya, dari jumlah tersebut, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi tidak disebutkan namanya. Padahal sebelumnya, Presiden Jokowi berharap Jakarta dan Bekasi bisa memasuki era new normal dan menggerakkan perkonomian bangsa. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar