Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Pastikan Mobil Listrik di Masa Depan tidak Lagi Bisu

Berita Otomotif

Nissan Pastikan Mobil Listrik di Masa Depan tidak Lagi Bisu

TOKYO – Tak hanya menampilkan mobil konsep dan teknologi baru di Tokyo Motor Show (TMS)  2017, Nissan juga mengenalkan ‘Canto’, yang membuat mobil listrik di masa depan memiliki suara.

Mobil listrik memang terbilang minim suara, akibatnya meningkatkan resiko kecelakaan karena banyak orang yang tidak menyadari ‘kehadiran’ dari mobil listrik. Untuk itu, pabrikan banyak yang membuat suara buatan agar mobil diketahui keberadaannya.

”Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar, dan komponen krusial tersebut adalah suara. ‘Canto’ dirancang khusus untuk menjaga keamanan para pejalan kaki, termasuk juga memberikan suara khas Nissan, sebuah suara berenergi dan lantang yang menjadi ciri khas merek dan menunjukkan keunikan posisi kami di antara mobil-mobil listrik lainnya,” ungkap Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., for Global Marketing Sales, Zero-Emission Vehicles and Battery Busines.

‘Canto’ berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘Aku menyanyi’. Berbagai jenis suara dan nada akan beragam, sesuai dengan akselerasi, deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur. Suara tersebut akan diaktivasikan pada kecepatan 20-30 km/jam, tergantung kebutuhan di beragam kondisi.

Nissan mengklaim tingkat suaranya akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki, warga dan penumpang. Dengan demikian maka tidak akan terjadi polusi suara yang umum terjadi di kawasan padat lalu lintas.

Nissan mengklaim bahwa pihaknya merupakan pelopor untuk kendaraan bersuara sejak 2010, melalui sistem ‘Approaching Vehicle Sound for Pedestrians’. Sistem tersebut menghasilkan suara peringatan bagi pejalan kaki sehingga mereka tahu ada mobil mendekat. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang