Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Navara Jadi Tambah Macho Lewat Modifikasi

Panduan Pembeli

Nissan Navara Jadi Tambah Macho Lewat Modifikasi

Nissan Navara secara natural adalah mobil yang gagah. Dengan modifikasi yang tepat, mobil ini bisa tampak makin macho dan rupawan.

Nissan Navara adalah kendaraan di segmen pickup double cabin (D-Cab). Fungsinya sendiri beragam, mulai dari mobil harian, mobil offroad, hingga mobil untuk bisnis.

Sebagai sebuah D-Cab, Nissan Navara secara alami sudah memiliki penampakan yang maskulin. Namun, Nissan Navara modifikasi dengan tampilan yang lebih ganteng lagi kadang terlihat di jalan.

Nissan Navara modifikasi

Lantas, apa saja tips untuk membuat sebuah Nissan Navara modifikasi bertampang ‘garang’? Sektor mana saja yang bisa dipermak?

Artikel kali ini akan menjawabnya untuk para Mobilovers pecinta atau pemilik Nissan Navara. Akan tetapi, sebelum itu, mari mengenal model ini lebih dalam.

Sejarah Nissan Navara

Nissan Navara NP300

Ada beberapa model D-Cab yang populer di pasar otomotif dunia. Salah satunya ialah Nissan Navara.

Model ini bersaing antara lain dengan Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Ford Ranger, Isuzu D-Max, atau pun Mazda BT-50.

Agen pemegang merek (APM) Nissan di Indonesia dahulu sempat menjual Nissan Navara di Indonesia. Sayang, sejak 2018, Nissan Navara sudah ‘disuntik mati’, sehingga para peminatnya di Tanah Air hanya bisa mencari dan mendapatkan unit sekennya.

Nissan Navara punya daya jelajah yang tak perlu diragukan lagi. Pada 2015, rombongan media massa nasional termasuk penulis pernah membuktikannya dengan menerabas hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

Nissan sendiri sebenarnya punya sejarah panjang untuk membuat mobil pikap. Mereka tercatat sudah punya model pikap sejak 1920, dengan merek DAT—yang kemudian menjadi Datsun.

Mengutip situs Navlife.com, Nissan Navara berkode D21 awalnya ‘lahir’ pada 1986 silam, sebagai pengganti dari Datsun 720. Model ini dikenal dengan nama Nissan Datsun Truck atau Nissan Navara, tergantung negaranya.

Nama Navara sendiri terinspirasi dari Navarre, kawasan yang berlokasi di utara Spanyol. Nissan Navara D21 tersedia dalam tipe single cabin, double cabin, plus king cabin, dengan opsi penggerak 4x2 atau 4x4.

Nissan Navara D21

Ini kemudian diikuti oleh Nissan Navara D22 yang ‘hidup’ pada 1997-2005, Nissan Navara D40 pada 2005-2015, Nissan Navara MP300 D23 pada 2015 yang terakhir kali mendapatkan penyegaran model signifikan pada 2020 dan bertahan hingga kini.

Kabarnya, generasi terbaru Nissan Navara saat ini sedang dalam antrean untuk dapat menjalani world premiere (debut global). Sayang, tidak ada kejelasan mengenai apakah D-Cab tersebut punya peluang untuk kembali hadir di pasar Indonesia.

Satu yang pasti, pasar D-Cab di Tanah Air, menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memang sangat kecil dan kurang ‘seksi’. Profil konsumennya sangat terbatas di korporasi perkebunan atau pertambangan (fleet) ditambah para pehobi aktivitas offroad.

Beragam Contoh Nissan Navara Modifikasi yang Keren

Nissan Navara modifikasi bisa dibuat dengan beragam konsep atau tujuan. Misalnya, Mobilovers dapat sekadar memodifikasi berbagai sisi eksterior agar tampil lebih gagah.

Tujuan lain membuat Nissan Navara modifikasi adalah untuk meningkatkan lagi performanya. Nissan Navara juga mampu menjadi lebih multifungsi, melalui modifikasi.

Modifikasi Stiker atau Livery

Nissan Navara modifikasi

Jika tujuannya hanyalah estetika belaka, Mobilovers dapat memodifikasi Nissan Navara dengan menambahkan stiker atau livery.

Misalnya saja penambahan stiker bergaya army yang membuat Nissan Navara modifikasi tersebut tampak layaknya sebuah mobil tentara. Kalau ingin menciptakan Nissan Navara modifikasi dengan aura reli, cari atau pesan saja livery bergaya tim reli di aftermarket.

Cara ini, selain simpel, juga relatif hemat biaya.

Modifikasi Pelek dan Ban

Nissan Navara modifikasi

Modifikasi Nissan Navara yang sederhana lainnya adalah dengan mengganti pelek dan ban. Di samping berguna untuk memperkuat tampilan machonya, modifikasi pelek juga dapat meningkatkan daya jelajah dari D-Cab satu ini.

Contoh adalah dengan menggunakan pelek dengan ukuran ring lebih besar dan ban ‘pacul’ yang sangat mumpuni kalau dibawa ke medan offroad.

Modifikasi Suku Cadang

Nissan Navara Modifikasi

Modifikasi suku cadang perlu dilirik kalau Mobilovers ingin meningkatkan kemampuan Nissan Navara di garasi.

Menurut penelusuran dari berbagai sumber, cukup banyak suku cadang performa (performance parts) untuk Nissan Navara yang bisa dibeli dari aftermarket, baik secara daring (online) atau pun luring (offline).

Daftar suku cadang performa untuk Nissan Navara, misalnya, ialah exhaust system, clutch kits, LED Rock vision lights, turbo diesel pre-filter kits, brake rotors and pads, intercooler kits, ute tray covers, suspension lift kits, throttle controllers, 4x4 rock slider side steps, oil separator kits.

Modifikasi Aksesori

Nissan Navara modifikasi

Penggantian atau penambahan aksesori Nissan Navara juga cukup menarik. Modifikasi semacam ini bukan hanya berfungsi mempertebal citra tangguh dari Nissan Navara, tapi juga membuatnya meningkatkan kemampuan plus fungsionalitasnya.

Penambahan aksesori roof tent, contohnya, akan membuat Nissan Navara makin sanggup dibawa berpetualang di alam bebas hingga berhari-hari. Aksesori-aksesori lain yang lebih simpel, misalnya, ialah roof rack yang lebih kuat, rock sliders and side steps, bumper bull, dan lain-lain.

Modifikasi Body Kit dan Interior

Nissan Navara modifikasi

Kalau Mobilovers gemar menggunakan Nissan Navara untuk gagah-gagahan di jalan raya, modifikasi body kit serta interior perlu mendapatkan pertimbangan. Soalnya, secara tampilan, D-Cab ini pasti akan makin ganteng, meski ada kemungkinan performanya di medan offroad bakal berkurang.

Modifikasi body kit plus interior Nissan Navara dapat menjangkau sektor bemper, side skirt, spatbor, overfender, jok kursi, head unit, maupun lingkar kemudi.

Harga Mobil Nissan Navara Bekas yang Bisa Jadi ‘Bahan’ Modifikasi

Nissan Navara bekas

Nah, sekarang, berapa, sih, harga Nissan Navara bekas yang bisa jadi ‘bahan’ modifikasi? Usut punya usut, ternyata Nissan Navara bekas sudah bisa dibeli mulai dari harga yang cukup murah.

Berdasarkan penelusuran dari situs jual-beli Mobil123.com, Nissan Navara bekas sudah bisa dibawa pulang mulai dari Rp100 jutaan saja. Buktinya, Nissan Navara bekas termurah saat artikel ini naik tayang berbanderol hanya Rp185 juta, dengan tahun produksi 2008.

Angka tersebut setara dengan model-model baru di segmen low cost green car (LCGC) yang notabene merupakan segmen termurah di pasar otomotif Tanah Air.

Adapun Nissan Navara bekas termahal di Mobil123.com sekarang berbanderol Rp335 juta, dengan tahun produksi 2018. Jadi, dengan modal masih Rp300 jutaan yang hitungannya masih terjangkau di Indonesia, Nissan Navara bekas yang berusia relatif muda bisa didapat.

Kesimpulan

Nissan Navara

Nissan Navara, sebagai sebuah D-Cab, adalah kendaraan yang pada dasarnya sangat fungsional. Di samping itu, desain dan kemampuannya juga sangat ‘jantan’ serta bisa diandalkan.

Jadi, menciptakan Nissan Navara modifikasi yang berkesan gagah sebenarnya bisa dilakukan dengan tenaga atau pun biaya seminimal mungkin. Dengan menambahkan livery saja, aura machonya sudah bisa bertambah cukup banyak.

Jika mempunyai anggaran lebih untuk modifikasi Nissan Navara, Mobilovers bisa mempertimbangkan untuk mengubah pelek, ban, suku cadang, aksesori, body kit, dan sebagainya. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang