New BMW X1 Diluncurkan dengan Harga Rp 20 Juta Lebih Mahal

Berita Otomotif

New BMW X1 Diluncurkan dengan Harga Rp 20 Juta Lebih Mahal

JAKARTA - New BMW X1 resmi mengaspal di Indonesia dengan harga Rp 20 juta lebih mahal ketimbang model versi sebelumnya.

Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia, mengatakan bahwa sport active vehicle (SAV) tersebut merupakan versi facelift dari X1 generasi kedua. Meski hanya model penyegaran, banyak ubahan yang meliputi eksterior, interior, maupun teknis dari model yang sudah dirakit secara lokal ini.

“New X1 hanya dari dalam satu varian yaitu sDrive18i xLine dengan harga Rp 739 juta off-the-road,” ucapnya dalam konferensi pers pada Jumat (1/11/2019) di Senayan, Jakarta.

Dengan banyaknya penyempurnaan, harga jualnya berbeda cukup tinggi. Selisih antara X1 terkini dengan versi lawasnya mencapai Rp 20 juta.

“New X1 lebih mahal Rp 20 juta. Kalau yang lama itu Rp 719 juta,” tukas Ismail Ashlan, Corporate Communications Manager BMW Group Indonesia.

Eksterior dan Interior
Dari sisi eksterior, perubahan paling kentara terlihat pada sisi fascia depan. Menurut Anindyanto Dwikumor selaku Product Planning BMW Group Indonesia, grille depan Double KIdney Grille New X1 sudah menerapkan desain terbaru BMW yang terdiri dari satu keping berukuran lebih besar sehingga mempertegas bodi serta menyatu dengan lampu depan.

Sektor lampu depan pun berubah bentuk menjadi Semi Hexagonal Iconic Design plus LED. Tampilan bemper depan plus lampu kabut juga berbeda. Di sektor ini, terlihat adanya air intake lebih besar yang makin menampilkan kesan gahar.

Diferensiasi pada eksterior juga terjadi pada buritan. Ada dua bagian yang mereka ubah yakni desain lampu belakang LED menjadi L-Shaped serta diameter knalpot dari 75 mm menjadi total 90 mm.

“Perubahan) juga termasuk proyeksi logo X1 pada bagian bawah sisi pengemudi. Proyeksi ini terlihat saat membuka kunci mobil atau keluar dari mobil,” pungkas Anindyanto.

Beralih ke interior, salah satu fitur paling menarik adalah Control Display yang hadir melalui layar sentuh berukuran lebih besar yaitu 8.8 inci yang dapat dioperasikan melalui BMW

iDrive Controller atau menggunakan suara. Control Display merupakan platform ideal untuk mengeksplorasi fitur infotainment New X1 yang sangat beragam, termasuk Apple CarPlay dengan kemampuan koneksi wireless.

Lapisan jok barunya diklaim lebih mewah. Interiornya menampilkan nuansa warna hitam dengan aksen perak dari material alumunium. Kabin makin mewah dengan adanya Glass Roof.

Fungsionalitas menjadi kelebihan lain dari New X1. Pengaturan kursinya fleksibel dengan kapasitas bagasi minimal 505 liter dan maksimal hingga 1.550 liter. Ada pula fitur Comfort Acces serta Automatic Tailgate plus Kick Sensor.

Mesin dan Transmisi Baru
Walaupun berjudul facelift, mesin yang dipakai baru yaitu BMW TwinPower Turbo 1.5-liter dengan daya membesar menjadi 140 hp serta torsi 220 Nm. Transmisinya diganti menjadi 7-percepatan Dual Clucth yang, menurut Ismail, membuat akselerasi 0-100 km/jam tereduksi 0,2 detik menjadi 9,7 detik.

Kaki-kaki menggunakan Adaptive Suspension. Ada tiga mode penyetelan suspensi yaitu Sport, Comfort, Eco Pro. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar