Murah Banget! Ini Kisaran Harga Toyota Kijang Kapsul Sekarang

Mobil Bekas

Murah Banget! Ini Kisaran Harga Toyota Kijang Kapsul Sekarang

Harga Toyota Kijang kapsul di pasar mobil bekas saat ini sudah amat terjangkau. Banyak di antaranya sudah bisa dibeli dengan modal puluhan juta rupiah.

Kijang kapsul bisa dikatakan sebagai peralihan antara generasi Kijang ‘kuno’ dengan yang baru. Ada beberapa alasan yang mendasari pernyataan di atas.

Pertama, setelah generasi Kijang kapsul, model ini akhirnya masuk dalam program ‘Innovative International Multi-purpose Vehicle’ (IMV).

Program IMV membuat namanya berubah menjadi Kijang Innova/Innova. Kendaraan legendaris di pasar otomotif Tanah Air ini pun akhirnya menjadi komoditas ekspor yang lebih luas lagi.

Kedua, dari sisi desain, bentuk dari model tersebut mulai berubah signifikan sejak generasi Kijang Kapsul dan setelahnya.

Ketiga, generasi Kijang kapsul pun menjadi yang pertama menawarkan opsi mesin diesel dan transmisi otomatis.

Kijang Generasi Keempat

Sejarah Kijang sebenarnya bisa ditelusuri jauh ke belakang, tepatnya sejak kelahirannya pada 9 Juni 1977. Kijang kapsul sendiri sebenarnya merupakan sebutan bagi generasi keempat dari multi purpose vehicle (MPV) tersebut yang mengacu pada bentuknya yang membulat menyerupai kapsul.

Adapun yang dijual di dealer – dealer Toyota saat ini adalah generasi keenam.

Kijang kapsul, menurut situs PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), pertama kali meluncur di Indonesia pada 1997 atau dua puluh tahun setelah generasi pembukanya hadir. Penjualan generasi keempat berakhir pada 2004, ketika generasi kelima yang mulai disebut Kijang Innova diperkenalkan oleh Toyota.

Kijang kapsul sudah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 53 persen. Toyota juga sudah mengekspornya ke tiga negara tujuan.

Dalam siklus hidupnya, Kijang kapsul mendapatkan dua kali penyegaran. Pertama adalah versi facelift pada 2000, dibarengi kehadiran mesin Electronic Fuel Injection bermesin bensin 1.8-liter serta 2.0-liter.

Mesin – bensin bensin itu menemani mesin diesel 2.4-liter yang sudah ditawarkan sejak awal kehadiran Kijang kapsul.

Penyegaran kedua sekaligus terakhir adalah versi facelift pada 2002.

Harga Toyota Kijang Kapsul Bekas

Kijang kapsul hingga detik ini masih beredar di pasar mobil bekas. Di Mobil123.com, situs jual – beli kendaraan terkemuka Indonesia, sendiri ada sekitar 140-an iklan Kijang kapsul ketika artikel ini naik tayang.

Unit tertua berasal dari tahun produksi 1997. Unit termuda tentu saja merupakan rakitan 2004.

Rentang harga Kijang kapsul sekarang amat terjangkau. Rata – rata dealer memasang harga hanya puluhan juta rupiah.

Kijang kapsul termurah ketika berita ini dinaikkan berbanderol Rp50 juta saja. Unit berasal dari tahun produksi 1999 dengan tipe 1.8-liter Krista MT.

Krista sempat menjadi varian termewah Kijang kapsul. Varian tertinggi lainnya adalah Rangga.

Pilihan termahal, di sisi lain, adalah rakitan 2004 dengan banderol Rp103 juta. Tipenya 2.4-liter LGX MT.

Kijang Kapsul Bekas Pilihan Mobil123.com

Peminat Kijang kapsul bekas tentu saja bisa mencari sendiri unit yang paling pas dengan mengunjungi langsung Mobil123.com. Akan tetapi, mencari di antara ratusan iklan yang tersedia pastinya membutuhkan waktu.

Karena itulah, Mobil123.com akan memberikan beberapa referensi yang mungkin saja cocok dengan kebutuhan peminat model tersebut. Berikut ini pilihan redaksi:

  1. Kijang Kapsul Bekas 2000 (Rp73 Juta)

Pilihan pertama adalah tipe 1.8-liter Krista MT seharga Rp73 juta rakitan 2000. Namun, dealer penjualnya yaitu Sekoto Putro berlokasi di Kediri, Jawa Timur.

Alamat lengkap mereka di Jalan Veteran RT. 01 RW. 04, Desa Sekoto, Kecamatan Badas-Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Unit berwarna bodi hijau. Jarak pemakaiannya unit sekitar 200 – 205 ribu km.

Kondisi mobil tidak banyak dijelaskan. Informasi selain harga adalah status pajak kendaraan yang masih berlaku cukup panjang, yaitu sampai April 2022.

Besaran pajak tahunannya pun mereka beritahukan.

“Biaya pajak Rp1.855.000,” tulis dealer dalam kolom keterangan.

  1. Kijang Kapsul Bekas 2002 (Rp74 Juta)

Selanjutnya ada unit dari tahun produksi 2002. Unit berasal dari varian 2.0-liter Krista dengan transmisi yang sudah otomatis (AT).

Dealer penjualnya, Ridho Mobilindo, berada di Bursa Mobil Bekas Blok M Square Lantai P5 AS, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Harganya beda sedikit dengan pilihan pertama yaitu Rp74 juta. Unit berwarna bodi biru dengan jarak pemakaian 125.800 km.

Mesin bensin 1.8-liter di balik kap depannya diklaim halus. Girboks otomatisnya pun disebut masih responsif.

Bodi masih dalam kondisi baik. Kaki – kaki empuk dan keempat peleknya sudah diganti dengan produk aftermarket yang bergaya racing. Semua bannya masih tebal.

“Surat – surat lengkap. Pajak hidup sampai 2022. AC dingin, double blower. Jok orisinil beludru. Siap pakai luar kota,” papar dealer.

  1. Kijang Kapsul Bekas 2004 (Rp89 Juta)

Unit dirakit pada 2004 dan bertipe 2.0-liter Krista MT. Dealer Westa Auto yang berada di Mall Seasons City, Grogol, Jakarta Barat memasang harga Rp89 juta untuk pembelian secara cash (tunai).

“Nego tipis setelah lihat unit,” jelas dealer tanpa memberitahu harga untuk pembelian secara kredit.

Pajak mobil berlaku sampai Februari 2022. Surat – surat kendaraan atas nama perorangan dan pelat berkode A yang berarti diregistrasikan di provinsi Banten.

Jarak pemakaian masih terbilang pendek yakni 156 ribu km. Dealer berani menggaransi bahwa unit tak pernah kebanjiran maupun tabrakan.

Interior masih sepenuhnya orisinil dengan panel kayu masih mulus. Kisi – kisi AC utuh, tidak ada yang patah. Mesin sehat, kering, responsif dengan kaki – kaki senyap.

“Lampu – lampu semuanya orisinil bawaan. AC dingin menggigil, Head Unit Pioneer asli bawaan. Jok masih orisinil beludru. Surat – surat lengkap dan dijamin. Kunci serep lengkap, alarm asli Auto2000,” papar dealer.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Kijang Kapsul Bekas

Dengan harganya yang luar biasa terjangkau, tentu saja Kijang kapsul bisa menjadi satu dari sekian banyak opsi bagi pencari mobil bekas seharga puluhan juta rupiah. Kepopuleran Kijang yang sudah bertahan di pasar sejak 1970-an plus kepopuleran merek Toyota membuat suku cadangnya pun masih bisa diburu di berbagai tempat.

Kijang kapsul bekas cocok dengan Anda para pecinta Kijang klasik atau Anda yang ingin bernostalgia dengan masa lalu. Tak bisa dimungkiri, mobil dengan sejarah panjang seperti Kijang pastinya membawa kenangan atau memori masa kecil.

Anda bisa merestorasinya kembali atau mungkin memodifikasinya sesuai dengan selera.

Di sisi lain, Anda harus bersiap melakukan perawatan ekstra. Kondisi mobil setua Kijang kapsul pastinya relatif lebih rewel ketimbang mobil – mobil bekas dari model yang berusia relatif muda.

Jika Anda tak siap terhadap kemungkinan itu, sebaiknya Anda memilih mobil – mobil bekas murah dari segmen LCGC. Akan tetapi, untuk LCGC tipe menengah ke atas, hampir pasti banderolnya sudah menyentuh Rp100 jutaan.

Semuanya kembali kepada kebutuhan dan minat pembeli. Bagaimana pun pasar mobil bekas adalah pasar yang amat luas dengan preferensi pembeli yang juga amat beranekaragam.

Tak heran, tak hanya mobil – mobil tahun muda saja yang memiliki peminat. Mobil – mobil tahun tua seperti Kijang kapsul pun punya konsumennya sendiri. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar