Mobil Suzuki Rakitan Indonesia Rambah 4 Negara Tujuan Ekspor Baru

Berita Otomotif

Mobil Suzuki Rakitan Indonesia Rambah 4 Negara Tujuan Ekspor Baru

JAKARTA – Suzuki tahun ini terus memperluas jangkauan ekspor mobil-mobil rakitan Indonesia, untuk mencapai target yang ditetapkan.

Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan target ekspor unit utuh (Completely Built Up/CBU) serta kendaraan terurai (Completely Knock Down/CKD) mereka tahun ini ialah 66.500 unit.

“Saya tidak bisa mendetailkan pembagiannya (antara CBU dan CKD),” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) dengan Suzuki, Jumat (17/9/2021).

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor kendaraan CBU dan CKD Suzuki pada 2020 secara total mencapai 45.188 unit. Jika proyeksi tahun ini tercapai, bakal ada kenaikan signifikan sekitar 46 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Ada lima model kendaraan yang dikapalkan secara CBU maupun CKD dari Indonesia. Model-model yang dimaksud ialah Carry, APV, XL7, Ertiga, serta Karimun Wagon R.

Suzuki Ertiga rakitan Indonesia diekspor ke luar negeri

Adapun negara-negara tujuannya antara lain berada di Asia (utamanya ASEAN), Oseania, Afrika, Amerika Latin, plus Timur Tengah.

Demi merealisasikan target 2021, Suzuki merambah destinasi ekspor baru bagi mobil-mobil produksi Nusantara. Negara-negara yang dilirik berasal dari luar Asia.

“Salah satu cara (memenuhi target ekspor) adalah dengan menambah negara destinasi ekspor yang baru. Rencana kami pada 2021 dan 2022 ada tambahan beberapa negara, tidak hanya di Amerika Latin, tapi juga di Timur Tengah. Ada empat negara baru pada 2021,” beber Donny tanpa merincikannya.

Capaian Ekspor Suzuki Januari-Agustus 2021

Donny menerangkan sepanjang Januari-Agustus 2021, pertumbuhan ekspor CBU maupun CKD mereka mencapai 39 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

“Dari 29 ribu-an unit menjadi 39 ribu unit. Hampir 40 ribu unit,” akunya.

Lima besar negara tujuan ekspor saat ini ialah Pakistan, Vietnam, Filipina, Thailand, serta Meksiko.

Suzuki Karimun Wagon R rakitan Indonesia diekspor ke luar negeri

Sementara itu, model yang paling banyak diekspor secara CBU plus CKD adalah Karimun Wagon R, XL7, kemudian Carry.

“Wagon R 12.500-an unit. XL7 10.500-an unit. Carry terbaru kira-kira 10.900-an unit,” bongkar Donny. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar