Mobil Listrik DFSK Gelora E Berpotensi Jadi Armada Baru DAMRI

Berita Otomotif

Mobil Listrik DFSK Gelora E Berpotensi Jadi Armada Baru DAMRI

JAKARTA – DAMRI disebut sedang mempelajari penggunaan mobil listrik DFSK Gelora E sebagai armada angkutan umum.

Gelora E, menurut keterangan resmi dari DFSK baru-baru ini, sedang diujicoba oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut untuk beberapa waktu ke depan. Soalnya, DAMRI berminat untuk menggunakannya sebagai bagian dari armada transportasi darat mereka di masa depan.

Sekadar mengingatkan, Gelora E merupakan mobil niaga ringan bertenaga listrik pertama yang dijual di Indonesia. Adapun harga on the road (OTR) Jakarta dari kendaraan yang meluncur pada April 2021 dalam Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) ini ialah Rp480 juta untuk tipe blind van dan Rp577,8 juta untuk tipe minibus.

PR and Media Manager PT. Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi mengatakan, semangat DAMRI untuk menghadirkan armada yang ramah lingkungan sejalan dengan semangat DFSK dalam menyongsong era mobil listrik di Tanah Air.

mobil listrik DFSK Gelora E diujicoba DAMRI

“Kami memiliki Gelora E yang sepenuhnya digerakkan oleh tenaga listrik dan nihil emisi gas buang. Selain itu, Gelora E juga memiliki utilitas tinggi dan bisa digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan usaha yang dijalankan oleh DAMRI,” kata Achmad.

Gelora E dapat digunakan untuk bisnis transportasi, pariwisata, maupun logistik. Ini antara lain didukung oleh ruang bagasi sepanjang hingga 2,63 meter.

Ketiadaan mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) juga menjadikan kabinnya senyap dan tidak akan berbau asap.

Biaya operasionalnya diklaim hanya Rp200 per km. Ini hanya sepertiga kendaraan komersial bermesin konvensional, sehingga bisa menguntungkan para pebisnis.

mobil listrik DFSK Gelora E

Dalam kondisi baterai terisi penuh, Gelora E dapat menempuh 300 km berdasarkan pengujian dengan metode NEDC. Dayanya dapat diisi di fasilitas listrik rumah tangga karena hanya membutuhkan tegangan rata-rata 220V 16A.

Di fasitas pengecasan cepat alias fast charging, daya baterai 20-80 persen di Gelora E dapat tercapai hanya dalam waktu 80 menit.

Gelora E, pada 24-26 November ini, juga menjadi pajangan utama DFSK dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar