Mobil Ini Didesain untuk Peringati Ulang Tahun ke-80 Batman

Berita Otomotif

Mobil Ini Didesain untuk Peringati Ulang Tahun ke-80 Batman

TURIN – Camal Studio mendesain sebuah mobil sebagai peringatan ulang tahun ke-80 Batman.

Salah satu pahlawan super dari DC Comics, Batman, pada 2019 genap berusia 80 tahun. Si manusia kelelawar tersebut pertama kali tampil pada Mei 1939 dalam Detective Comics #27.

Camal Studio sebagai rumah desain kesohor asal Italia pun memutuskan untuk membuat ‘mobil baru’ bagi Batman. Mereka, seperti dikutip dari Carscoops pada akhir pekan ini, menamakan kendaraan ciptaan mereka BAT80.

Mobil tersebut secara garis besar menampilkan bonnet atau ‘hidung’ yang amat panjang. Fender depannya sangat menonjol karena ban berukuran besar, plus bemper depan maupun belakang berbentuk agresif.

“Tipikal Batmobile di era 90-an,” tulis rumah desain tersebut di situs resmi mereka.

Pada bagian bonnet, terdapat saluran pembuangan hasil kondensasi dari sistem pendinginan berbasis nitrogen cair yang terdapat di dalam kondensator berukuran besar. Jika ditilik dari samping, Batmobile versi Camal Studio menampilkan garis lurus yang seakan memisahkan antara bagian atas dengan bawah bodi. Terdapat pula lubang-lubang udara sebagai sistem pendinginan konvensional memanfaatkan aliran angin ketika mobil bergerak.

Kabin BAT80 terbuat dari kaca berlapis-lapis yang berfungsi untuk membuat Batman tak bisa terlihat dari luar. Kabin terbuka dengan cara menggeser kanopi ke arah depan.

Saat berada di dalam BAT80, ‘Sang Kesatria Malam’ dibantu oleh Ultrasonic Radar Grid dengan fungsi menampilkan kondisi sekitar mobil dalam bentuk hologram tiga dimensi.

Bagian buritan dibuat dengan desain berlapis-lapis dan seakan mengambang. Lampu belakangnya mengalir dinamis di garis-garis bodi dan ada di antaranya yang membentuk lambang Batman.

Tentu saja, bukan Batmobile jika tak dilengkapi beragam perangkat canggih. BAT80 dipersenjatai dengan ban plus pelek yang bisa berubah ke mode off-road, tembakan pengejut dari arus listrik yang terletak di depan, plus senapan mesin yang dapat diisi bermacam tipe amunisi pada bagian samping.

Masih ada lagi sistem antimaling dengan bantuan satelit (satellite anti-theft device). Jika itu belum cukup, terdapat kecerdasan artifisial untuk mode pengemudian otonom.

Kecerdasan buatan di BAT80 juga mampu mengatur sistem pertahanan mobil secara mandiri seandainya diperlukan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar