Penjualan BMW Tetap Laris Manis di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Otomotif

Penjualan BMW Tetap Laris Manis di Tengah Pandemi Covid-19

JAKARTA – BMW Indonesia mengklaim bahwa pihaknya telah menjual sedikitnya 1.034 unit kendaraan.

Jumlah tersebut dicapai dari bulan Januari hingga bulan Juli 2020 dan menjadikan BMW Indonesia sebagai brand otomotif premium terlaris di Tanah Air. Meski menurun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, hasil tersebut dinilai cukup positif mengingat kondisi Indonesia saat ini masih berada di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Terjadi penurunan sebesar 20-25 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Namun pada Januari-Juli tahun ini Kami menjadi premium brand Indonesia nomor 1 dengan menjual 1.034 unit kendaraan,” ungkap Bayu Riyanto, Vice President Sales BMW Indonesia.

Dari jumlah tersebut, BMW X1 masih menjadi mobil BMW terlaris di Indonesia kemudian disusul dengan BMW seri 3. Sayangnya, Ia tidak merinci jumlah penjualan yang berhasil diaraih oleh kedua mobil tersebut.

Terbantu penjualan online

BMW X1

BMW Indonesia sendiri mengakui bahwa pasar online menjadi salah satu faktor yang menjadikan penjualan mereka bertahan di tengah pandemi. Hal ini terbukti dengan besarnya jumlah penjualan BMW yang diraih dari pasar online.

“Dari 1.034 unit kendaraan yang terjual, 20% diantaranya diraih dari pasar online. Itu artinya sekitar 200 unit kendaraan terjual dari sini. Ini sangat membuat kamo percaya diri karena pada awal-awal pelaksanaan, targetnya tidak setinggi ini,” tambah Bayu.

Memang masih banyak yang menyangsikan penjualan mobil secara online di Indonesia. Ini karena kebiasaan masyarakat yang terbiasa untuk melihat mobil secara langsung sebelum melakukan transaksi pembelian.

Lakukan Inovasi Digital

BMW Indonesia

Melihat potensi tersebut, BMW Indonesia pun resmi membuat dealer digital. Untuk masuk ke dealer digital ini, pelanggan cukup masuk ke situs mybmwdealer.co.id kemudian akan ada beberapa dealer BMW yang dapat dipilih. Menariknya, meski berbentuk digital pelanggan dapat berkonsultasi dengan Business Consultant dan Service Advisor BMW, serta melihat juga rasakan duduk di dalam interior kendaraan terbaru BMW dengan 360˚ Model Tour.

“BMW Virtual Showroom menjadi solusi bagi para calon pelanggan ataupun pelanggan BMW untuk mencoba channel komunikasi baru yang lebih komprehensif dengan Business Consultant dan Service Advisor terbaik dan masuk dalam kategori BMW Elite Club BMW,” ungkap Irhan Farhan, Head of Digital BMW Asia.

Pada situs ini, BMW menawarkan pengalaman virtual yang lebih dikembangkan dalam hal kunjungan dealer. Pelanggan bisa menikmati sarana komunikasi dengan Business Consultant dan Service Advisor, serta eksplorasi kendaraan terbaru BMW secara virtual.  Hal ini diklaim sebagai bagian dari strategi digitalisasi jangka panjang BMW Indonesia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar