Berburu Mobil Bekas Jogja dibawah 50 Juta, Dapat Kijang hingga Katana

Mobil Bekas

Berburu Mobil Bekas Jogja dibawah 50 Juta, Dapat Kijang hingga Katana

Mobil bekas dengan harga di bawah atau sekitar Rp50 juta sangat mungkin ditemukan di berbagai area. Termasuk di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja).

Mobil bekas murah dapat menjadi opsi bagi mereka yang baru ingin beralih dari sepeda motor ke kendaraan roda empat. Anggaran (budget) yang diperlukan juga tak perlu banyak-banyak.

Dengan duit Rp50 juta atau kurang di kantong, Anda sudah bisa membawa pulang mobil bekas. Unit semurah ini, menurut penelusuran Mobil123.com, bisa ditemukan di Jakarta hingga daerah-daerah lain seperti Jogja.

mobil bekas Jogja di bawah 50 juta

Tidak berlebihan rasanya jika mengatakan bahwa pasar mobil bekas menyediakan ‘segudang’ pilihan untuk Anda. Anda dapat mencari unit berlabel belasan juta hingga miliaran rupiah.

Tentu saja, tahun produksi dan kondisi mobil bekas di pasar sebanding dengan banderolnya. Umumnya, semakin tua unit itu, semakin murah pula nilai jualnya.

Artikel kali ini akan membahas beberapa contoh mobil bekas bagi para warga Jogja yang hanya punya anggaran Rp50 juta atau di bawahnya, berdasarkan penelusuran di situs Mobil123.com.

Mobil Bekas di Jogja yang Sangat Murah

mobil bekas Jogja di bawah 50 juta

Ketika artikel tentang mobil bekas jogja dibawah 50 juta ini dibuat, terdapat tiga iklan mobil bekas supermurah di Jogja, kalau Anda mengakses Mobil123.com. Bagaimana tidak, harganya mulai dari Rp20 jutaan sampai dengan Rp50 jutaan.

Unit-unitnya berasal dari tahun produksi 1990-an sampai 2000. Bukan tidak mungkin Anda akan menemukan lebih banyak lagi pilihan kalau menyambangi diler-diler mobil bekas.

Misalnya saja sentra mobil bekas Carsentro Jogja yang terdapat di Sinduadi.

Warga Jogja juga bisa ‘berburu’ mobil bekas di sentra Carsentro sekitar provinsi Jawa Tengah. Ada yang berlokasi di Semarang (dua outlet) maupun Solo (satu outlet).

Nah, mari kembali ke urusan mobil bekas berbanderol di bawah atau kisaran Rp50 juta untuk region Jogja. Berikut adalah contoh model yang bisa Anda dapatkan.

Toyota Kijang Bekas 1995 (Rp28 Juta)

mobil bekas Jogja di bawah 50 juta

Contoh pertama dari mobil bekas jogja dibawah 50 juta adalah model paling legendaris di pasar otomotif Tanah Air. Apalagi kalau bukan Toyota Kijang.

Sebuah Toyota Kijang bekas 1995 dijual jauh di bawah Rp50 juta di Jogja. Harga tepatnya adalah Rp28 juta saja.

Kijang generasi ketiga berjuluk ‘Kijang Super’ ini diiklankan oleh seorang penjual individu di Jogja. Tipenya ialah 2.0 E manual (MT), dengan warna bodi putih, jarak tempuh 70 ribu km, warna bodi hijau, air conditioner (AC) kurang dingin, serta memiliki kerusakan pada cat eksteriornya.

Suzuki Katana Bekas 1994 (Rp52,5 Juta)

mobil bekas Jogja di bawah 50 juta

Selanjutnya terdapat mobil bekas jogja dibawah 50 juta yaitu model kuno legendaris lainnya yakni Suzuki Katana Bekas 1994. Adapun tipenya ialah G.X MT, dengan mesin 1.0-liter (970 cc).

Mobil bekas murah satu ini dijual oleh diler Harvan Mobilindo yang juga menjadi rekanan Carsentro Jogja. Harganya Rp52,5 juta.

Warna bodinya merah. Beberapa kelengkapan yang dijelaskan oleh penjual adalah pelek sport, DVD Player, plus Alarm.

Honda City Bekas 2000 (Rp54 juta)

mobil bekas Jogja di bawah 50 juta

Iklan mobil bekas terakhir mobil bekas jogja dibawah 50 juta adalah Honda City tahun produksi 2000 (VTi) bertransmisi otomatis (AT). Sedan entry-level Honda tersebut ditawarkan oleh seorang penjual individu.

Warna bodinya hijau, dengan jarak tempuh 140 ribu km. Kondisi diklaim sangat baik, dengan eksterior mulus, interior rapi, serta mesin yang digadang-gadang sangat sehat.

Tarikan girboks AT-nya, menurut penjual, masih sangat responsif. Kondisi keseluruhan mobil disebut sangat baik.

“Plat AB, pajak bulan Juni 2024, dan semua dokumen asli lengkap Dijual segera, dengan harga Rp54 juta dan masih bisa nego tipis," tulis penjual dalam kolom keterangan iklan.

Tips Membeli Mobil Bekas Jogja dibawah 50 Juta

mobil bekas Jogja di bawah 50 juta

Membeli mobil bekas berbanderol sangat murah mengandung risiko. Jika tidak pintar-pintar menyeleksi dan memilih, Anda bisa direpotkan oleh beragam permasalahan teknis yang menyusul di kemudian hari.

Oleh karena itu, Anda mesti cermat sebelum membeli. Berikut Mobil123.com sajikan beberapa tips sebelum Anda membeli mobil bekas.

Tips ini berlaku secara umum, termasuk jika Anda ingin membeli mobil bekas seharga di bawah atau sekitar Rp50 juta untuk area Jogja.

Bawa Mekanik atau Teknisi Bengkel

Kalau Anda bukan orang yang sangat ahli dalam urusan teknis mobil, Anda sebaiknya membawa mekanik atau teknisi bengkel. Dia dapat memeriksa atau mengonfirmasi apa yang dikatakan oleh sang penjual, mengenai kondisi mobil bekas.

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah tertipu, seandainya bertemu dengan penjual ‘nakal’ yang berkata tidak jujur.

Lakukan Inspeksi Fisik, Mesin, serta Transmisi

Ketika melihat unit mobil bekas incaran, lakukan inspeksi eksterior dan interior. Teliti betul apakah ada bekas baret, lecet atau penyok di sekitar bodi.

Tengok pula seberapa bagus kondisi interiornya. Hal lain yang tak kalah penting ialah memeriksa dengan seksama kondisi mesin maupun transmisi mobil.

Coba Langsung Mobilnya

Selanjutnya, Anda wajib menjajal langsung mobil bekas incaran Anda. Minta izin kepada penjual untuk melakukan uji kendara di jalanan sesungguhnya.

Dengan mengemudikannya secara langsung, Anda dapat lebih mengetahui adanya masalah pada mesin, transmisi, kaki-kaki, atau aspek-aspek lain seperti dingin/tidaknya AC.

Periksa Riwayat Servis

Rekam-jejak perawatan servis dari mobil bekas incaran Anda juga patut ditelusuri. Coba telisik apakah pemilik sebelumnya rajin melakukan servis berkala atau tidak.

Unit yang kerap/selalu diservis di bengkel resmi menjadi poin plus yang sangat besar. Artinya, mobil dirawat sesuai standar pabrikan dan segala suku cadang maupun komponen di dalamnya orisinil.

Cek Surat-Surat Kendaraan

Setelah Anda yakin dengan kondisi mobil bekas incaran Anda, jangan lupa untuk memeriksa surat-surat kendaraan. Pastikan dokumen-dokumennya lengkap.

Jangan lupa pula tanyakan status pajak dari  unit tersebut. Jangan sampai di kemudian hari Anda memiliki masalah terkait legalitas mobil bekas yang sudah Anda beli.

Negosiasikan Harga dengan Bijak

Negosiasi alias tawar-menawar harga adalah hal yang lumrah dalam setiap proses jual-beli. Termasuk jual-beli mobil bekas.

Cari tahu harga pasar dan pertimbangkan kondisi mobil ketika ada menegosiasikan harga dengan penjual. Jangan pula terlalu rendah dalam menawar harga.

Minta Garansi kepada Penjual

Jangan ragu untuk menanyakan atau meminta garansi untuk mobil bekas incaran Anda. Apalagi kalau penjualnya adalah diler.

Terkadang, diler malah sudah terlebih dahulu memberikan garansi minimal beberapa bulan untuk beberapa sektor seperti mesin maupun transmisi.

Kesimpulan

mobil bekas Jogja di bawah 50 juta

Rentang harga mobil bekas di Jogja juga bervariatif, sama dengan daerah-daerah lain. Dengan modal Rp50 juta atau di bawahnya, Anda sudah bisa membawa pulang kendaraan seken ke rumah sebagai mobil pertama.

Meski demikian, tetaplah teliti dan waspada ketika membeli mobil bekas, apalagi kalau harganya memang sangat murah. Ingatlah untuk selalu melakukan riset, inspeksi menyeluruh, dan berkomunikasi dengan penjual secara jujur, sehingga Anda dapat menemukan unit yang bisa Anda andalkan untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari.

Selamat berburu mobil bekas seharga Rp50 juta atau di bawahnya, ya, Mobilovers! [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang