Mitsubishi Xpander Cross Buatan Cikarang Dijual di Filipina dan Thailand

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Cross Buatan Cikarang Dijual di Filipina dan Thailand

JAKARTA – Xpander Cross, model terbaru Mitsubishi Indonesia yang dirakit di Cikarang, Bekasi, diekspor ke dua negara Asia Tenggara.

Mitsubishi, melalui keterangan resmi pada Senin (16/3/2020), mengumumkan ekspor Xpander Cross ke Filipina serta Thailand, tanpa menyebutkan volumenya. Model tersebut telah diperkenalkan di negara yang disebutkan pertama pada 13 Maret kemarin, menyusul kemudian di ‘Negeri Gajah Putih’ pada 16 Maret.

Merek berlogo tiga berlian itu memastikan ekspor Xpander Cross tidak bakal berhenti di dua negara tersebut. Ada negara-negara Asia Tenggara lain yang menjadi tujuan.

“Selanjutnya Mitsubishi Motors Corporation secara bertahap akan meluncurkan model tersebut di negara-negara lain, dengan berfokus pada ASEAN,” tulis mereka dalam pernyataan pers.

Sekadar mengingatkan, Xpander Cross mengaspal di Indonesia pada November 2019. Model ini merupakan ‘saudara kembar’ dari Xpander—model rakitan Cikarang yang meluncur sejak Agustus 2017—karena hanya memiliki perbedaan minor.

Akan tetapi, Xpander Cross dibuat untuk makin menyerupai sport utility vehicle (SUV) lagi dan menyasar segmen low SUV (LSUV). Sementara itu, Xpander menyasar segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Hingga Februari 2020, total penjualan Xpander di jagad otomotif Nusantara secara keseluruhan diklaim berada di kisaran 250 ribu unit. Xpander sendiri telah terlebih dahulu diekspor mulai 2018, dengan cakupan negara lebih luas, termasuk di antaranya Bolivia plus Mesir.

“MMKI (PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia/MMKI) telah mengekspor lebih dari 100 ribu unit Xpander hingga akhir Februari 2020 dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi, lapangan kerja, dan keseimbangan impor serta ekspor Indonesia,” tulis Mitsubishi.

MMKI merupakan joint venture yang menadi operator pabrik Mitsubishi di Cikarang. Mereka bekerja sama dengan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang menjadi distributor.

Kesuksesan Xpander di dalam dan luar negeri telah membuat kapasitas produksi total pabrik Cikarang diperbesar menjadi 220 ribu unit pada 2019 untuk seluruh model. Namun, sebagian besarnya disediakan bagi Xpander plus Xpander Cross. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar