Mitsubishi Pajero Sport Sejarah 24 Tahun

Berita Otomotif

Mitsubishi Pajero Sport Sejarah 24 Tahun

JAKARTA – Bagi sebagian orang, Mitsubishi Pajero Sport adalah model yang sama dengan Mitsubishi Pajero. Padahal dua model tersebut berbeda namun memiliki benang merah.

Mitsubishi Pajero merupakan flagship SUV Mitsubishi Motors. Namun, pada Juli 2020, Mitsubishi Motors mengumumkan akan menghentikan produksi Mitsubishi Pajero pada 2021 setelah 39 tahun berkiprah.

Model ini digunakan oleh Mitsubishi Motors di Dakar Rally dengan Mitsubishi Pajero Evolution. Dominasinya di Dakar Rally sejak 1985 dan 7 tahun kemudian berlangganan juara (1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007). Prestasi gemilang itulah yang menginspirasi mobil-mobil penumpang Mitsubishi Motors termasuk Mitsubishi Pajero Sport.

“Ketika kita berbicara tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Karena mobil ini lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di Reli Dakar dengan 12 gelar. Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Meski merupakan jenis yang berbeda, dua model tersebut memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).  

Generasi I Mitsubishi Pajero Sport

mitsubishi pajero sport

Generasi pertama diluncurkan pada 1996 dengan nama Mitsubishi Challenger. Desainnya kotak dengan postur gagah. Pada awalnya, Mitsubishi Challenger dipasarkan untuk pasar domestik Jepang saja. Setelah itu Mitsubishi Challenger diekspor ke beberapa negara. Kegiatan ekspor membuat Mitsubishi Challenger dikenal dengan nama yang berbeda di setiap negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Mitsubishi Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Mitsubishi Shogun Sport (Inggris) dan Mitsubishi Strada G-Wagon (Thailand). Perakitan dimulai di China pada 2003 dan Brazil tahun 2006.

Generasi II

Mitsubishi Pajero Sport

Konsep dari generasi II adalah All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV), di mana tangguh di segala medan namun tetap nyaman untuk menemani aktivitas perkotaan. Model ini masuk ke Indonesia pada 2009 dengan mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) bertenaga 136 ps dan bertorsi 324 Nm.

Dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar.

Pada 2013, SUV 7-seater ini mendapat penyegaran baik eksterior dan interior. Memasuki 2014, Mitsubishi Motors menambah varian dengan mesin bensin MIVEC MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS.

Generasi III

Pajero Sport

Di awal 2016, Mitsubishi Motors memperkenalkan generasi ketiga dengan wajah Dynamic Shield. Dapur pacunya baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm. Transmisi baru otomatis 8-percepatan yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar lebih baik. Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga lebih nyaman dikendarai dan semakin mudah dikendarai di berbagai medan.

Versi facelift generasi ketiga model ini sudah dijual di Thailand. Kita tinggal tunggu waktu kapan akan dipasarkan di Indonesia.

Penjualan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia

Sejak diluncurkan pada 2009, penjualannya melebihi 160.000 unit. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 11 tahun, model ini juga telah menerima sekitar 40 penghargaan dari media serta publik di Indonesia.

Saat ini andalan Mitsubishi Motors ini berhadapan sengit dengan Toyota Fortuner, Nissan Terra, dan Isuzu Mu-X. Adapun Chevrolet TrailBlazer dan Ford Everest telah mengundurkan diri. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar