Mitsubishi Fuso Bangun Kualitas SMK lewat Student Skill Competition

Berita Otomotif

Mitsubishi Fuso Bangun Kualitas SMK lewat Student Skill Competition

TANGERANG – Mitsubishi Fuso membantu pembangunan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia melalui Student Skill Competition yang diikuti oleh belasan sekolah binaan.

Ajang adu kemampuan bertajuk ‘Fuso Student Skill Competition 2018’ ini melibatkan 550 siswa dari 11 SMK di  10 kota. Perlombaan sendiri berlangsung sejak 16 Juli – 7 Agustus.

Lomba terdiri dari tiga tahap yang terkait teori dan praktik mengenai basic electrical, engine component measurement, engine valve adjustment, brake adjustment, serta tentang kerja alternator, motor starters, hingga clutch. Adapun para pemenangnya adalah SMK Mandiri Medan (Juara 3), SMK Negeri 1 Singosari Malang (Juara 2), serta SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru (Juara 1).

“Kompetisi ini adalah bagian dari Fuso Vocational Education Programme yang di antaranya terdiri dari banyak program untuk SMK. Ini kami lakukan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan berkaitan dengan teknik otomotif bagi siswa dan guru,” ucap Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) di dalam konferensi pers pengumuman pemenang di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show, Rabu (8/8/2018) di Serpong, Tangerang.

Syaifuddin Said, Direktur Sumber Daya Manusia KTB, menjelaskan bahwa seluruh SMK yang ikut merupakan binaan Mitsubishi Fuso. Mereka berlokasi di Medan, Palembang, Lampung, Bandung, Jakarta, Solo, Malang, Banjarmasin, Makassar.

Mitsubishi Fuso ingin fokus pada 11 SMK tersebut sebelum menambah jumlah sekolah binaan. Berbagai bentuk dukungan diberikan kepada 11 SMK seperti pendonasian Colt Diesel dan pemberian pelatihan bagi guru dan siswa.

“Kami ada namanya Fuso-Step 1. Kami berikan satu pembekalan sekolah2 tadi untuk belajar F-Step 1. Kami masukkan untuk perkaya kurikulum sekolah-sekolah itu. Dengan adanya 229 jaringan dealer, tentu terbuka peluang mereka berkarya di jaringan kami. Kami juga bekerja sama dengan para dealer untuk terima siswa2 tadi yang memenuhi persyaratan,” paparnya.

Ia menjelaskan bahwa Mitsubishi Fuso bakal terus memperbarui alat dan kurikulum sesuai perkembangan kemajuan teknologi otomotif dan kondisi pasar Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual