Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitos Dilarang Mencuci Mobil Setelah Dicat Ternyata Salah

Panduan Pembeli

Mitos Dilarang Mencuci Mobil Setelah Dicat Ternyata Salah

BEKASI – Setelah 2 hari, cat jenis Polyurethan (PU) akan kering sempurna setelah proses pengecatan dan pengeringan, jadi tidak ada masalah jika ingin mencuci mobil setelahnya.

Ada anggapan bahwa setelah mengecat mobil, maka mobil tidak boleh dicuci selama beberapa waktu. Ini dilakukan untuk menghindari berkurangnya kualitas cat baru.

Namun, hal tersebut menurut Gunawan Susilo selaku Direktur Teknik PT Indomobil Sompo Japan sebagai anggapan yang salah. Ia menyampaikan penjelasannya di sela-sela peresmian bengkel body repair and paint Autoglad Pekayon siang hari tadi.

“Salah itu (anggapan bahwa mobil dengan cat baru tidak boleh dicuci), boleh saja kok (mobil dengan cat baru dicuci),” ungkapnya.

Menurutnya, munculnya anggapan bahwa mobil dengan cat baru tidak boleh dicuci adalah karena proses pengecatan yang dilakukan tidak benar. Hal ini karena cat yang digunakan umumnya adalah cat Polyurethan (PU), jenis cat dengan waktu pengeringan cukup lama.

“Mungkin proses pengecatan tidak benar. Memang jenis cat PU itu keringnya 2 x 24 jam, beda dengan cat Duco. Proses pengeringannya memang lebih lama tapi kalau sudah disinar dengan infra red atau oven ya tidak masalah,” ungkapnya.

Berbeda dengan cat Polyurethan, cat Duco memang lebih jauh lebih cepat kering. Namun kualitas dari hasil pengerjaan terbilang kurang baik.

“Cat Duco seperti yang digunakan di pinggir jalan memang lebih cepat kering. Setelah kering langsung dipoles dan langsung mengkilap. Tapi setelah beberapa lama, cat tersebut akan berubah. Cat jenis ini sudah kami tinggalkan,” pungkasnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang