MINI John Cooper Works GP Cuma 12 Unit di Indonesia, Harga Rp 1.5 miliar

Mobil Baru

MINI John Cooper Works GP Cuma 12 Unit di Indonesia, Harga Rp 1.5 miliar

JAKARTA - Hanya 12 unit Mini John Cooper Works GP yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia, harga tembus Rp 1.5 juta (off the road). 

Sebelum berbicara performa, untuk diketahui Mini John Cooper Works GP hanya dibuat 3.000 unit yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia yang disebut salah satu pasar penting MINI mendapat jatah terhitung cukup banyak yakni 12 unit.

"Dibandingkan regional Asia Tenggara, Indonesia mendapatkan jatah 12 unit dan ini yang terbanyak di antara negara-negara lainnya. Singapura saja hanya mendapatkan jatah 8 unit," jelas Kidd Yam, Head of Mini Asia kepada wartawan di video conference peluncuran MINI John Cooper Works GP (Senin, 27 Juli 2020). 

mini john cooper works gt
Nah kembali ke performa, Mini John Cooper Works GP dilengkapi dengan mesin 2.0-liter Mini TwinPower Turbo bertenaga 306 hp pada rentang putaran @ 5.000-6.250 rpm dan torsi 450 Nm di rpm 1.750-4.500. Ini artinya, telah ada peningkatan 75 hp dibandingkan versi reguler. 

Mesin dipadukan dengan transmisi Steptronic 8-percepatan terbaru yang punya differential-lock mekanis. Kinerjanya disesuaikan dengan karakteristik kinerja mesin dan torsi tinggi.

Mini mengklaim melakukan beberapa upgrade untuk mendapatkan peningkatan tenaga tersebut. Mulai dari pengembangan piston, turbocharger dan divert-air valve generasi terbaru, multi-hole injectors hingga sistem pergerakan oli.

Mini mengklaim bahwa Alhasil John Cooper Works GP bisa berakselrasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik. Sementara top speed yang dapat diraih 265 km/jam dan memiliki rata-rata konsumsi BBM cukup irit dengan 13.3 km per liter.

mini john cooper works gt
Untuk mengimbangi performa, Mini mencoba melakukan optimalisasi sisi aerodinamika John Cooper Works GP. Mulai dari kisi-kisi udara banyak dimanfaatkan untuk keseimbangan dan suplai udara pendingin di sistem mesin juga rem. Terdapat juga spoiler dengan model double wing, apron surround depan dan lip spoiler untuk mengurangi gaya angkat di kecepatan tinggi.

Ekterior John Cooper Works GP juga menggunakan bahan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) di bagian fender. Bahan ini juga digunakan untuk mobil-mobil BMW terkini seperti i3 dan i8. 

mini john cooper works gt
Terakhir, mobil yang ditawarkan dengan harga Rp 1.5 miliar (off the road) ini punya interior sporty dan ergonomis. Hanya tersedia 2 jok di dalam kabin dan di dasbor terdapat instrumen cluster digital beresolusi tinggi plus kontrol AC otomatis serta 8.8 inci MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar