Militer New Zealand akan Gunakan Motor Listrik

Berita Otomotif

Militer New Zealand akan Gunakan Motor Listrik

TAURANGA – Militer New Zealand tengah mempertimbangkan untuk menggunakan motor listrik sebagai kendaraan operasional.

Motor listrik saat ini semakin populer karena kepraktisannya cukup memadai. Motor jenis ini kerap digunakan sebagai komuter oleh beberapa orang. Namun dengan dimensi baterai yang tidak terlalu besar menjadi salah satu rintangan untuk pengguna motor yang kerap melakukan perjalanan jarak jauh.

Perkara di atas nampaknya tidak terlalu mempengaruhi pihak militer New Zealand. Karena mereka tengah mempelajari untuk menggunakan motor listrik sebagai armadanya. Setidaknya motor ini akan menjadi kendaraan operasional hingga taktis.

UBCO Electric Motorcycle merupakan salah satu brand yang diincar oleh pihak militer New Zealand. Namun produk motor listrik buatan UBCO kerap digunakan oleh para petani. Di New Zealand dan Australia, AG Bikes diandalkan sebagai motor agrikultur yang menemani para petani meninjau lahan.
UBCO 2X2

UBCO 2X2 dirancang sebagai motor bertenaga listrik yang menyalurkan daya pada kedua rodanya, seperti jenisnya (2X2). Kendaraan ini memiliki daya maksimum 1 kW ke setiap rodanya. Sementara baterainya dikembangkan oleh UBCO sendiri dengan kapasitas 48 Ah, 50 Volt lithium-ion.

Hasilnya motor ini mampu dipacu hingga jarak 120 kilometer, dengan lama pengecasan atau pengisian kembali baterai membutuhkan waktu 6 sampai 8 jam.

“Kendaraan ini sangat hening, tidak mengeluarkan suara dan panas. Motor ini juga tidak menggunakan cairan yang mudah terbakar. Selain itu perawatannya juga cukup mudah dan tidak memerlukan latihan untuk menggunakannya,” kata Letnan Kolonel Brad Galop,  perwakilan Militer New Zealand.

Saat ini pihak militer New Zealand dikatakan tengah mencoba UBCO bikes 2020 untuk beberapa kegiatan meliputi pertahanan, alat transportasi dan masih banyak lagi. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar