Max Biaggi akan Pecahkan Rekor Motor Listrik Terkencang Tanpa Rem

Berita Otomotif

Max Biaggi akan Pecahkan Rekor Motor Listrik Terkencang Tanpa Rem

MONACO – Max Biaggi akan ngebut bersama  sepedamotor listrik Voxan Wattman yang baru saja resmi diperkenalkan.

Rencananya, juara dunia WSBK dua kali ini akan menjadi pilot dalam usahanya memecahkan rekor kecepatan. Mantan pembalap MotoGP tersebut dijadwalkan untuk beraksi di Land Speed Record di Bolivia pada musim panas 2021.

Target dari motor ini adalah menempuh kecepatan 330 km/jam. Target ini akan menumbangkan rekor sebelumnya yang dicetak Ryuji Tsuruta di Bonneville menggunakan Mobitec EV-02A.Segala daya dan upaya dilakukan agar Watman bisa mengalahkan rekor.

Voxan Wattman dirancang dengan fokus pada sektor aerodinamis. Mereka mengembangkan motor yang stabil untuk dipacu dalam kecepatan tinggi. Segala kemungkinan terburuk diantisipasi agar bisa menghasilkan motor yang sangat stabil.

Roda bagian depan dirancang menggunakan suspensi double-wishbone. Hal ini dilakukan guna mereduksi hambatan angin. Link dan swingarm bertugas untuk mengatur kendaraan tetap stabil, sehingga pengendara bisa fokus memecahkan rekor.

“Tidak ada rem depan atas beberapa pertimbangan. Pertama-tama kami ingin menciptakan aerodinamis yang baik di kecepatan tinggi. Namun lintasan sendiri membuat motor agak sulit untuk mendapatkan grip dalam berakselerasi. Rem depan kami tiadakan karena dapat membuat motor tidak seimbang dan dapat menyebakan pengendara terjatuh,” tutur Franck Baldet, Technical Director Voxan.

Motor ini selain tidak ada rem depan, juga tidak dilengkapi dengan parasut untuk menghentikan kendaraan. Sistem pendingin motor juga masih konvensional karena mengandalkan es batu yang ditempatkan di bawah jok. Motor ini meniadakan radiator karena dianggap tidak efisien dalam hal aerodinamis.

Paling menarik adalah baterainya dibuat oleh para mahasiswa di Ohio State University. Dengan menggabungkan 1.470 cell baterai yang berbobot 140 kilogram, diyakini mampu menghasilkan 317 daya kW. Bobot keseluruhan motor ini dikatakan mencapai 300 kg. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar