MG akan Bangun 25 Dealer di Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

MG akan Bangun 25 Dealer di Indonesia Tahun Ini

JAKARTA – Morris Garage (MG), merek mobil asal Inggris, akan mengawali tahun pertama mereka di Indonesia dengan membangun lebih dari 20 dealer.

Sekadar mengingatkan, MG mengumumkan kehadiran mereka di Indonesia pada 5 Maret 2020 kemarin. Sebelum itu, sejak awal tahun, mereka sudah aktif di jagad digital melalui akun resmi MG Indonesia di berbagai platform media sosial seperti Facebok maupun Instagram.

MG masuk ke Indonesia atas nama PT. SAIC Motor Indonesia (SMI). Arief Syarifudin selaku Marketing and Public Relations Director SMI, di dalam acara konferensi pers, mengatakan sepanjang 2020 akan ada 25 dealer MG di Tanah Air.

“Sampai dengan akhir tahun ini kami targetnya (membangun) 25 outlet dealer,” ucap dia.

Daerah yang menjadi fokus utama sepanjang tahun bershio tikus logam ini, sambung Arief, ialah Jakarta dan kota-kota satelit di sekitarnya yaitu Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Ia tidak menjelaskan berapa banyak dealer khusus untuk area tersebut.

“Di luar Pulau Jawa juga akan ada beberapa,” tukas Arief lagi.

MG saat ini juga sedang bersiap meluncurkan model pertama mereka di Nusantara. Modelnya sudah mereka ungkap yaitu sport utility vehicle (SUV) ZS.

“Kami akan mengimpor dari Thailand,” pungkas Figo Lee, Managing Director SMI.

Mereka juga memiliki niat melakukan perakitan lokal di masa depan. Rencana ini tidak mereka elaborasi dengan lebih detail, tapi pengurus asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi bahwa MG akan ‘menumpang’ di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Pasalnya, MG maupun Wuling sama-sama bagian dari Group otomotif raksasa China SAIC Motor Corporation Limited. MG pun masuk ke Indonesia dengan mengatasnamakan SAIC sebagai nama perusahaan.

Sebagai informasi, MG, meski lahir di Inggris pada 1930, sejak pertengahan dekade 2000-an telah diakuisisi Nanjing Automobile Group yang kemudian menjadi SAIC Motor Corporation Limited. SAIC memiliki merek-merek lokal seperti Wuling, Baojun, dan berkolaborasi pula dengan MG maupun pabrikan Amerika Serikat General Motors (GM) untuk berbagi platform, komponen, serta produksi kendaraan.

Di Indonesia, Wuling mulai berjualan sejak 2017. Mereka sudah masuk beberapa tahun sebelum itu dan bertindak serius dengan mendirikan pabrik Cikarang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar