Pabrikan Mobil Inggris MG Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil Inggris MG Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Ini

JAKARTA – Segera ada pemain baru lagi di pasar otomotif Indonesia. Merek Inggris, Morris Garage (MG), dipastikan masuk Indonesia tahun ini.

Sinyal kehadiran MG di Indonesia memang sudah terlihat. Mereka sudah membuat akun Instagram bernama @mgmotor.id dan unggahan perdana baru dilakukan pada pekan lalu.

“Selamat datang di akun resmi dari MG Motor Indonesia. Siap untuk berlari lebih cepat dengan MG Motor Indonesia? Ikuti terus!,” demikian keterangan mengenai akun tersebut yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku asosiasi resmi bagi merek-merek mobil global yang berbisnis di Indonesia sudah mengonfirmasi MG akan masuk ke negeri ini pada 2020. Prinsipal mereka telah bertamu ke Gaikindo dan mengutarakan rencana tersebut.

“Mereka sudah secara resmi bertemu dengan Gaikindo. Kira-kira akhir tahun lalu. Mereka sedang memproses semua surat-surat dan segera menjadi anggota Gaikindo tahun ini,” ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, kepada Mobil123.com via sambungan telepon pada Kamis (13/2/2020).

Nangoi memperkirakan dalam sebulan – dua bulan ke depan MG akan menyelesaikan semua proses dan resmi menjadi anggota asosiasi tersebut. Dalam waktu hampir bersamaan dengan itu, mereka juga mulai aktif beroperasi di pasar.

“Rasanya mungkin dalam sebulan – dua bulan mereka sudah bisa jadi anggota dan beroperasi,” tukas dia.

MG Motors, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, bermarkas di Birmingham, Inggris. Meski bermula dari Inggris, MG kini sudah dimiliki oleh pabrikan otomotif China SAIC Motor.

SAIC Motor sendiri juga membawahi merek Wuling, merek yang sebagian sahamnya dimiliki General Motors, dan sudah menjual mobil di Nusantara sejak 2017. Karena itulah ketiga merek ini (MG, Wuling, GM) berbagi platform kendaraan untuk dipasarkan di berbagai negara.

Contoh nyata yang paling dekat adalah aktivitas ekspor Wuling Almaz hasil produksi pabrik mereka di Indonesia ke negara ASEAN mulai tahun lalu. Akan tetapi, produk itu di negara-negara tujuan ekspor dijual sebagai Chevrolet Captiva generasi terbaru.

MG juga menggunakan platform Almaz untuk dibuat menjadi sebuah produk bernama Hector. SUV ini sudah dijual di India dan mungkin saja tidak dijual di Indonesia karena amat mirip dengan Almaz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support