Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Merek China BAIC Rakit Mobil di Indonesia Mulai Awal 2025

Berita Otomotif

Merek China BAIC Rakit Mobil di Indonesia Mulai Awal 2025

TANGERANG – Merek China baik sedang bersiap untuk melakukan perakitan mobil secara lokal di Indonesia.

BAIC memperkenalkan diri di hadapan media massa pada akhir Maret 2024 kemarin di Alam Sutera, Tangerang.

Pada kesempatan itu, prinsipal BAIC yaitu PT Beijing Automotive Group Co., Ltd. menandatangani kerja sama distribusi eksklusif dengan PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) yang merupakan bagian dari JHL Group.

JDI awalnya akan mengimpor utuh (completely built up/CBU) dua model, BAIC BJ40 Plus dan BAIC Beijing X55 II, dengan soft launching Mei 2024 dan peluncuran resmi Juli 2024. Namun, mereka memastikan untuk kelak melakukan perakitan secara lokal (completely knocked down/CKD) di Tanah Air.

BAIC BJ40 Plus

“Hari ini menjadi sejarah dimulainya perjuangan kami setelah dari delapan bulan lalu ke Beijing untuk mencari satu merek otomotif alternatif yang awalnya akan kami impor dan selanjutnya akan kami rakit di sini,” kata Founder JHL Group Jerry Hermawan Lo.

Chief Operating Officer JDI Dhany Yahya menjelaskan bahwa JHL Group nantinya menangani perakitan dan penjualan mobil-mobil BAIC di negeri ini melalui dua perusahaan. Selain JDI, bakal ada pula PT JHL International Automotive.

Perusahaan yang disebutkan belakangan kelak menangani perakitan lokal mobil-mobil BAIC. Akan tetapi, mereka tidak akan membangun pabrik dari nol, melainkan bakal memanfaatkan pabrik milik pihak lain (general assembler).

“PT JHL International Automotive akan melakukan CKD. Kami akan mengadakan CKD di Indonesia. Sekarang kami sedang dalam proses mencari general assembler dan sedang melakukan persiapan-persiapan. JDI akan fokus khusus di distribusi dan penjualan kendaraan-kendaraan BAIC di Indonesia,” papar dia.

BAIC BJ40 Plus

Dhany membeberkan bahwa pihaknya memiliki dua kandidat general assembler untuk perakitan mobil-mobil BAIC di Indonesia.

Pertama adalah PT Gaya Motor yang memiliki pabrik di Sunter, Jakarta dan kedua ialah PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang pabriknya berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi.

“Kami sudah melakukan pertemuan-pertemuan dengan cukup intens (dengan keduanya),” bongkar Dhany.

Perakitan lokal mobil BAIC di Indonesia, sebut dia, rencananya berlangsung pada awal 2025. Dhany berharap sudah bisa merilis BJ40 Plus rakitan dalam negeri pada Februari 2025 dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS).

“Untuk CKD, kami bertahap mulai dari BJ40 Plus dulu, baru selanjutnya model yang lain,” tukasnya. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang