Mengingat Tarif Tol Trans Jawa Sebelum Berlibur

Berita Otomotif

Mengingat Tarif Tol Trans Jawa Sebelum Berlibur

JAKARTA – Saat libur Natal dan tahun baru 2020, banyak masyarakat yang memanfaatkan tol Trans Jawa untuk menuju tempat berlibur.

Ruas tol ini memang selalu ramai karena telah menghubungkan Merak hingga Probolinggo. Panjangnya jalan tol tersebut terbagi dalam beberapa seksi dan dikenai dengan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan jarak tempuhnya.

Untuk kendaraan golongan I dari Jakarta (Jakarta – Cikampek) – Semarang dikenai tarif sekitar Rp 334.500,-. Untuk kendaraan dari Merak menuju Jakarta (JORR – Jakarta Cikampek) menuju Semarang akan memerlukan dana sebesar Rp 398.000,-. Sedangkan untuk kendaraan dari Jakarta (Jakarta Cikampek) menuju Surabaya akan dikenai tarif sebesar Rp 663.500,-.

Sementara kendaraan dari Merak menuju Surabaya (via JORR dan jakarta – Cikampek) harus membayar tarif sebesar Rp 727.000,-. Kendaraan menuju Probolinggo Timur dari arah Jakarta (Jakarta-Cikampek) dikenai biaya sebesar Rp 742.000,-. Rute terjauh adalah Merak – Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek) menuju Probolinggo Timur. Total biaya yang harus dibayar untuk rute tersebut adalah Rp 805.500,-.

Tentunya total pembayaran tersebut tergantung dari mana pengguna tol masuk dan keluar. Sehingga setiap orang mungkin berbeda kewajiban pembayarannya. Seluruh pembayaran tol pun sudah menggunakan sistem cashless sehingga diharapkan pengendara sudah menyiapkan saldo pada uang elektroniknya.

Guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di tol Trans Jawa, pihak Kepolisian pun berencana untuk melakukan sejumlan rekayasa lalu lintas di tol tersebut. Hanya saja rekayasa lalu lintas tersebut baru akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kepadatan lalu lintas. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support