Cek Tarif Tol Trans Jawa Lengkap untuk Musim Mudik 2019

Berita Otomotif

Cek Tarif Tol Trans Jawa Lengkap untuk Musim Mudik 2019

JAKARTA – Tol Trans Jawa yang kini sudah tersambung dari Merak hingga Probolinggo diyakini akan menjadi rute terpadat di tahun ini.

Rute tersebut memang boleh dikatakan menyenangkan bagi sebagian orang. Jalurnya terbilang mudah dan tentunya diharapkan tidak akan terjadi kemacetan yang terlalu parah bila dibandingkan menggunakan jalan non tol.

Namun, pengemudi juga harus menyiapkan saldo uang elektronik dengan jumlah cukup besar agar bisa memanfaatkan rute ini. Untuk itu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pun menyampaikan rangkuman sejumlah tarif tol Trans Jawa.

Untuk pemudik dari Jakarta menuju Probolinggo, pelanggan harus menyiapkan dana sedikitnya Rp 727.500 di saldo uang elektroniknya. Sementara untuk pemudik yang ke arah Cirebon cukup menyiapkan dana sebesar Rp 144.000 bila keluar di GT Kanci atau Rp 132.000 bila keluar GT Palimanan.

Sedangkan untuk Jakarta-Semarang, pemudik akan dikenakan biaya sekitar Rp 349.500 dan Jakarta-Semarang dikenakan biaya sebesar Rp 426.500. Untuk pemudik yang ingin keluar di Surabaya maka harus membayar tarif tol sebesar 675.500, sedikit lebih murah ketimbang pemudik Jakarta-Pasuruan (Grati) karena mereka harus membayar Rp 727.500.

Selama musim mudik nanti, sejumlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan pihak berwenang untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan. Salah satunya adalah dengan menghentikan seluruh pengerjaan proyek pembangunan di jalan tol.

Tak hanya itu, rencananya Pemerintah akan melakukan one way dari GT Cikarang Utama hingga Brebes. Skema one way ini sudah dilakukan tahun lalu dan dinilai cukup efektif untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di jalan tol. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support