Mengenal Zat Aditif Pada Pelumas yang Bikin Mesin Awet

Berita Otomotif

Mengenal Zat Aditif Pada Pelumas yang Bikin Mesin Awet

JAKARTA – Zat aditif pada pelumas berguna untuk membuat mesin tetap awet dan memiliki performa optimal sepanjang masa dengan perawatan berkala tentunya.

Oli yang yang disematkan ke dalam mesin motor memiliki tugas untuk meminimalisir gesekan. Selain itu pelumas juga harus bisa menjaga suhu mesin agar tetap stabil untuk mencegah penguapan.

Mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan penguapan dan berakhir pada berkurangnya volume di dalamnya. Dampak paling parah pada mesin yang terlalu panas adalah kerusakan komponen seperti seal dan berujung kebocoran.

Setiap produsen pelumas menyematkan zat aditif yang berguna untuk mengatasi kebutuhan mesin.

Berikut ini uraian singkat beberapa zat aditif yang terdapat pada oli seperti dikutip dari laman Federaloil.

  • Anti Oksidan

Zat aditif ini berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi pada molekul pelumas. Lalu adapula detergent yang menjaga permukaan logam agar bebas dari kotoran.

  • Aditif Dipersant

Aditif ini berguna untuk mengendalikan dan membawa kotoran agar terdispersi merata dalam pelumas dan mudah dibuang.


Mengenal Zat Aditif Pelumas

  • Aditif Anti Karat

Sesuai dengan namanya, zat satu ini bertugas untuk mencegah terjadinya karat pada logam yang memiliki hubungan dengan pelumas.

  • Anti Wear

Aditif ini berguna untuk mencegah gesekan dan keausan pada permukaan mesin. Aditif jenis ini terdapat beberapa macam dan formulasinya disesuaikan dengan kebutuhan setiap mesin.

  • Friction Modifier

Zat ini digunakan untuk meningkatkan tingkat kelicinan film pada pelumas. Kandungan Pour Point depressant membuat pelumas tetap mudah mengalir pada temperatur rendah.

  • Anti Foam

Pelumas di dalam mesin yang bergerak bisa membuat cairan di dalamnya berbusa. Aditif ini berguna mencegah terjadinya busa pada oli sehingga menunda keausan.

  • Aditif Vikositas

Aditif ini berfungsi untuk menjaga kekentalan oli agar tetap stabil dalam berbagai suhu rendah maupun tinggi. Fitur ini juga diandalkan untuk memperpanjang durasi pemakaian oli.

Pada dasarnya oli memiliki masa pakai tertentu di dalam mesin. Meskipun terdapat beberapa aditif di dalamnya, pelumas tetap harus diganti sesuai dengan anjuran produsen.

Hal ini untuk membuat mesin tetap memiliki performa yang optimal sepanjang pemakaian. Sebab, ketika pelumas berkurang kemampuannya, tidak bisa melindungi mesin secara maksimal.

Mengganti oli pada kendaraan khususnya motor, bisa dilakukan oleh mekanik maupun sendiri di rumah. Mekanik yang telah berpengalaman akan mengetahui jenis oli sesuai peruntukkan mesin motor.

Mekanik Andal

Mekanik yang andal dalam menangani mesin tidak lahir begitu saja. Butuh pengalaman kerja dan pelatihan yang cukup agar piawai dalam merawat mesin kendaraan.

Federal Oil merupakan salah satu produsen yang berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan mekanik. Hal ini berguna bagi konsumen supaya bisa mendapatkan pelayanan maksimal pada kendaraan kesayangannya.

Federal Oil Mechanic Contest yang telah dilakukan sejak 2017 kembali dilaksanakan tahun ini. Bedanya event kali ini digelar secara virtual karena pandemi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini.
Kontes Mekanik

"Semua tahapan tes pada program ini melibatkan tim yang ahli dalam bidangnya. Kami memastikan program ini terus mencetak mekanik andal dan mampu merawat berbagai jenis sepeda motor, sehingga kualitasnya bersaing dengan mekanik bengkel resmi," jelas Herry Hambali selaku B2C Sales Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Tahun ini total pesertanya mencapai 466 mekanik di bawah asuhan Federal Oil Center (FOC) yang tersebar secara nasional.

Melalui beberapa tahapan, akhirnya terpilih 3 finalis untuk babak grand final.

“Dengan kontes ini, kemampuan teknis mekanik akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan kebutuhan konsumen sehingga terus relevan. Kami ingin agar konsumen selalu mempercayakan solusi untuk perawatan kendaraannya ke FOC,” ucap Pablo Conrad, Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Kontes mekanik Federal Oil akan ditayang melalui akun Youtube resmi mereka pada 5 September 2021. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar