Mengenal Beberapa Keunggulan Runner Telematics Mitsubishi Fuso

Berita Otomotif

Mengenal Beberapa Keunggulan Runner Telematics Mitsubishi Fuso

JAKARTA – Pada Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengenalkan salah fitur terbaru mereka yaitu Runner Telematics (Runner). Fitur ini sudah disematkan pada seluruh lineup Mitsubishi Fuso (Fuso) lansiran 2018.

Runner adalah sebuah fitur berupa GPS tracker yang dipasang di balik dashboard kendaraan. Dengan GPS tracker tersebut, seluruh data perjalanan akan tersimpan dan dapat dibaca oleh pemilik truk. Dengan demikian, pengawasan kendaraan akan menjadi lebih mudah.

“Jadi yang kami kenalkan di sini tidak hanya GPS tracker, tapi dalamnya ada fleet management system. Runner menyediakan beberapa fitur seperti job order planning hingga driver behavior,” ungkap Doni Meisano, Head of Customer Satisfaction Section KTB.

Ia pun menjelaskan bahwa dengan Runner, pelanggan akan lebih mudah untuk mengontrol truk-truk yang dimiliki. Ini bisa dilakukan berkat beberapa fitur yang dapat digunakan sebagai patokan sang pemilik.

Salah satu fitur yang paling diandalkan adalah adanya job order. Dengan fitur ini, maka pemilik bisa melihat posisi truk yang sedang bekerja maupun tidak digunakan. Job order, pemilik pun bisa menentukan truk mana saja yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan berikutnya sekaligus rute perjalanan.

“Jadi pemilik bisa memilih kendaraan sekaligus pengemudi untuk melakukan tugas berikutnya. Menariknya lagi, Runner bisa memberikan masukan rute terpendek yang dapat dilalui untuk mencapai lokasi tujuan. Dengan demikian pemilik tinggal menyampaikan kepada pengemudi rute yang harus dilalui. Waktu keberangkatan dan waktu tiba kendaraan akan tercatat sehingga bisa menjadi bahan evaluasi,” tambahnya kemudian.

Fitur lain yang menjadi keunggulan adalah driver behavior, di mana, gaya mengemudi akan terekam semua sehingga pemilik bisa mengetahui apakah pengemudi berkendara secara aman dan efisien atau tidak. Baik buruknya kebiasaan pengemudi ini bisa menjadi bahan evaluasi pemilik dalam menilai kinerja pengemudi.

“Cara mengemudi pengemudi akan terekam semua. Mulai dari kecepatan tinggi, pengereman mendadak, menikung terlalu tajam dan sebagainya akan terekam. Kemudian, Runner akan memberi nilai dari cara mengemudi para pengemudi tersebut. Nilai-nilai tersebutlah yang akan menentukan apakah pengemudi berkendara dengan baik atau tidak,” tambah Doni.

Penilaian tersebut pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan sang pemilik kendaraan. Misalnya adalah maksimal dari jumlah pengereman mendadak atau kecepatan tertinggi yang boleh diraih oleh pengemudi.

“Kenapa kami beri kelonggaran seperti ini? Karena masing-masing perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perusahaan makanan akan menggunakan kecepatan maksimal karena produknya akan cepat busuk. Sementara perusahaan pertambangan tidak bisa terlalu kencang karena akan membahayakan,” tambahnya.

Meski merupakan part resmi untuk seluruh Fuso lansiran 2018, bukan berarti truk Fuso lansiran tahun-tahun sebelumnya tidak bisa menggunakannya. Untuk mendapatkannya, pelanggan cukup datang ke dealer Fuso terdekat, menandatangani beberapa pernyataan dan alat akan dipasangkan langsung oleh dealer. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual