Mekanik Tradisional Diprediksi Bakal Punah

Berita Otomotif

Mekanik Tradisional Diprediksi Bakal Punah

CHICHAGO - Mekanik di masa depan butuh lebih dari skill untuk memperbaiki hardware pada mesin atau bagian lainnya, makin terkomputerisasi kendaraan tentu dibutuhkan keahlihan tersendiri.

Seperti kita ketahui bersama, kendaraan terutama mobil dibuat makin canggih alias high technology. Kita tak perlu berpikir jauh soal teknologi mobil otonom, mesin mobil dewasa ini saja sudah memiliki sistem sangat kompleks, dilakukan demi menekan polusi juga penghematan konsumsi BBM.

Dengan kemajuan ini, Chicago Tribune melaporkan bahwa pelatihan untuk mekanik otomotif berada di tengah revolusi. Makin modern teknologi mobil membuat sistem software punya peran penting atau makin terkomputerisasi.

Pejabat dari program Automotive Technology Universitas Waubonsee, Chicago mengklaim bahwa saat ini mekanik bukan melulu hanya memahami hardware mesin bekerja. Mobil dewasa ini bisa dibilang sebuah komputer menggelinding.

James Armitage seorang profesor di program Waubonsee ini mengatakan bahwa menjadi mekanik dewasa ini bukan hanya menjadi ahli setting ruang bakar mesin atau ahli dalam memainkan tool's. Mobil saat ini hadir dengan sistem komputer yang canggih.

"Karena hal inikita harus mengejar kemajuan teknologi tersebut terutama dalam hal perbaikan," jelas James.

Mayoritas calon mekanik yang berminat ikut program ini tidak memiliki pelatihan formal. Kebanyakan dari mereka hanya memiliki pengalaman dalam memperbaiki mobil pribadi sendiri yang tentunya masih menerapkan sistem mobil konvensional. 

Dan ini tentunya berbeda dengan kebutuhan skill mekanik dewasa ini. Tentunya butuh adapatasi terutama belajar langsung untuk memperbaiki mobil yang mangadopsi lebih banyak teknologi. Oleh karena itu kini posisi entry level mekanik harus memerlukan sertifikasi khusus. 

Kenneth Kunz , profesor yang juga bertanggung jawab pada program ini mengklaim bahwa sekurangnya 15-20 siswa lulus tiap tahun. Dan peserta yang menyelesaikan program biasanya tidak kesulitan untuk menapaki karir di industri ini.

Kunz yakin tidak mudah untuk menjadi montir mobil saat revolusi teknologi yang terjadi belakangan ini. Menghadapi mobil modern berarti mekanik harus bisa mendiagnosa masalah yang berkaitan dengan komputer, ini bukan pekerjaan mudah.  

"Dengan mobil yang terus menggabungkan lebih banyak teknologi, kami berharap mekanik tradisional menghilang. Ini membuka jalan mekanik modern yang lebih maju, memiliki sertifikat dan lebih berpengalaman langsung dengan komputer," kata Kunz. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support