Masih Pandemi, GIIAS 2021 Berlangsung Offline dan Online via Aplikasi

Berita Otomotif

Masih Pandemi, GIIAS 2021 Berlangsung Offline dan Online via Aplikasi

JAKARTA – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dipastikan berlangsung dalam 'dua dunia’ yaitu offline (luring) serta online (daring) melalui aplikasi smartphone. Ini dianggap harus dilakukan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang berlangsung sejak awal 2020 hingga sekarang.

Penyelenggara GIIAS 2021, melalui keterangan resmi pada Rabu (27/1/2021), mengumumkan kehadiran aplikasi GIIAS Auto360 yang bisa diakses dan diunduh mulai Juli mendatang. GIIAS 2021 sendiri dijadwalkan berlangsung 12 – 22 Agustus.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ketika dihubungi Mobil123.com menjelaskan kemunculan aplikasi tersebut tidak sertamerta membatalkan penyelenggaraan pameran offline GIIAS 2021 yang nantinya berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, Tangerang. Konsep pameran sejauh ini adalah ‘hybrid’ alias offline dan online.

“Itu (aplikasi GIIAS Auto360) adalah satu tambahan. Jadi, selain daripada GIIAS secara normal, offline, bisa dikunjungi, ada juga yang online,” ucap dia via sambungan telepon.


GIIAS Auto360, aku Nangoi, disiapkan karena pandemi Corona diperkirakan masih berlangsung pada 2021. Masyarakat yang ingin membeli mobil tapi masih khawatir berada di keramaian dalam situasi pandemi pun bisa mengakses pameran lewat aplikasi.

Pandemi sendiri sudah membuyarkan pelaksanaan GIIAS 2020 kemarin. Pameran pengganti yang lebih kecil yaitu Jakarta Auto Week juga terus diundur sejak tahun lalu dan jadwal terkini adalah 6 - 14 Maret 2021.

Lebih lanjut, pernyataan pers menjelaskan bahwa GIIAS Auto360 merupakan gabungan dari tiga segmen utama yaitu fitur pameran otomotif digital, marketplace, maupun kabar plus informasi terbaru dari industri otomotif. Platform virtual ini bakal menjadi ‘tempat’ pertemuan alternatif antara merek – merek otomotif peserta pameran dengan para pelanggan di mana saja dan kapan saja.

“Sebagai upaya bangkit, Gaikindo memperkenalkan inovasi terbaru, yakni sebuah aplikasi digital yang dapat memberikan solusi optimal dalam memenuhi semua kebutuhan produk dan jasa otomotif masyarakat Indonesia,” tukas Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.


GIIAS Auto360 dijanjikan bakal tetap menghadirkan kelengkapan produk serta kemeriahan yang selalu ditampilkan selama pameran berlangsung. Saat ini, aplikasi masih dalam proses persiapan untuk para peserta pameran atau merchant.

“Saat ini proses pedaftaran merchant sedang berlangsung, dan terbuka bagi perusahan otomotif yang ingin bergabung, untuk membuka peluang baru. Agar maksimal, aplikasi GIIAS Auto360 juga masih dalam proses penyempurnaan untuk memenuhi semua kebutuhan otomotif publik pada satu bulan menjelang pelaksanaan GIIAS 2021,” papar Agus Riyadi, Project Director Seven Event.

Dalam aplikasi, lanjut dia, konsumen akan dapat melihat informasi produk secara lengkap. Pembelian juga dipastikan bakal bisa menjangkau seluruh Indonesia dengan dukungan perusahaan logistik.

Melaluinya, masyarakat bisa pula membeli tiket pameran offline, pendaftaran test drive dan test ride sampai menyaksikan berbagai seminar maupun talk show dalam GIIAS 2021. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar