Kredit Kendaraan DP 0 Persen Sulit Diterapkan ke Perorangan

Berita Otomotif

Kredit Kendaraan DP 0 Persen Sulit Diterapkan ke Perorangan

JAKARTA – Perusahaan-perusahaan pembiayaan menilai program kredit kendaraan dengan uang muka (Down Payment/DP) 0 persen sangat sulit diterapkan pada konsumen retail atau perorangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melontarkan wacana merevisi Peraturan OJK No. 29/POJK.05/2014. Tujuannya adalah membebaskan perusahaan-perusahaan pembiayaan dengan tingkat kredit macet (Non-Performing Finance/NPF) di bawah 1 persen dari aturan DP minimal sehingga DP 0 persen diperbolehkan.

Menanggapi aturan ini, Adira Finance menjelaskan bahwa program DP 0 persen diserahkan kepada kebijakan masing-masing perusahaan. Mereka sendiri hingga kini belum berpikir merilis program tersebut.

“Kalau  (konsumen) perorangan mungkin akan berisiko sekali untuk DP 0 persen,” ucap Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance, ketika menjawab pertanyaan Mobil123.com usai seremoni perayaan ulang tahun ke-28 pada Selasa (13/11/2018) di Jakarta.

I Dewa Made Susila, Direktur Keuangan Adira Finance berpikir salah satu cara yang mungkin dalam penerapan DP 0 persen adalah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan. Para karyawan yang dinilai potensial dan berisiko rendah barulah diperbolehkan ikut dengan jaminan dari perusahaan dan uang cicilan dipotong langsung dari gaji bulanan.

Sebagai informasi, perusahaan pembiayaan lain pernah mengutarakan opini serupa. Seperti misalnya Mandiri Utama Finance yang merasa program DP 0 persen berpotensi dilakukan kepada perusahaan-perusahaan yang payroll para pekerjanya ditangani Bank Mandiri sehingga lebih aman.

Bukan Pembeli Pemula
Lebih lanjut, Made juga menganggap DP 0 persen bisa diberikan bagi nasabah nonpembeli pemula. Dengan demikian, perusahaan pembiayaan bisa melihat rekam jejak nasabah dalam melakukan kredit mobil sebelumnya.

“Kalau Anda nasabah yang baik, kami kasih produk yang kedua, mungkin enggak perlu DP. Karena sudah terbukti baik,” tandasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Andy Sutanto, Wakil Direktur Pembiayaan Sepeda Motor Adira Finance, memberitahukan bahwa hingga kini belum ada perusahaan pembiayaan yang merilis program DP 0 persen. Jika pun ada, nama program ‘DP 0 persen’ hanya strategi pemasaran.

“Mungkin tidak ada yang namanya DP tapi angsuran tiga bulan dibayar di awal,” terangnya pasca konferensi pers pameran ‘Sobat Riders’ pada Senin (12/11/2018) di Jakarta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar