Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kisah Jeep Mercy 'Mercedes-Benz G-Class', Mobil Dinas TVRI Hingga Paspampres RI

Berita Otomotif

Kisah Jeep Mercy 'Mercedes-Benz G-Class', Mobil Dinas TVRI Hingga Paspampres RI

Sebagai salah satu pabrikan otomotif kawakan di dunia, Mercedes-Benz juga ikut memproduksi mobil segala medan dalam wujud G-Class. Jeep Mercy ini sudah diproduksi sejak 1979 yang merupakan hasil kerjasama dari Mercedes-Benz, Steyr dan Puch of Austria. 

Jip yang juga dikenal dengan nama G-Wagon ini sudah terkenal di seluruh dunia, berkat kemampuannya melibas jalan off-road. Huruf G dalam G-Class ini mengacu pada Geländewagen yang merujuk kepada kendaraan khusus medan berat.

Mercedes Benz G Class 290 Gd 1997 Ex Tvri Rare Lacak Harga, 58% OFF

Alasan diciptakannya G-Class yaitu untuk memenuhi kegiatan militer dan pertanian di Jerman dalam melakukan tugasnya. Jeep Mercy ini selalu menjadi rujukan sebagai SUV off-road sejati dengan desainnya yang sangat kokoh.

Jelas saja, G-Class mempertahankan bahasa desain utamanya yang kotak dengan lampu bulat. Meskipun demikian, Mercedes-Benz selaku produsen terus melakukan evolusi teknologi pada G-Class sehingga fiturnya senantiasa canggih walau tampangnya tetap tradisional.

Jeep Mercy Diciptakan Tangguh Sejak Lahir

undefinedPada dekade 1970-an Mercedes-Benz bermitra dengan perusahaan Austria Steyr-Daimler-Puch untuk mengembangkan sebuah kendaraan off-road yang tangguh untuk penggunaan militer dan sipil yang kemudian dinamai Geländewagen.

Awalnya sebelum tahun 1979, G-Class secara khusus dikembangkan sebagai kendaraan militer. Pengembangan G-Class dimulai pada tahun 1972 dengan perjanjian kerjasama antara Daimler-Benz dan Steyr-Daimler-Puch di Graz, Austria. 

Insinyur Mercedes-Benz di Stuttgart bertanggung jawab atas desain dan pengujian kendaraan, sementara tim di Graz mengembangkan rencana produksi. Prototipe G-Class selesai pada 1974 dan langsung disiksa dalam berbagai kondisi ekstrim.

Mobil tersebut dikendarai mulai dari tambang batu bara di Jerman, Gurun Sahara, hingga kawasan Arktik Kutub Utara. Versi produksi G-Class selesai dibuat pada 1975 dan kemudian produksi massalnya baru dimulai pada 1979 di Graz.

Untuk jeep Mercy generasi pertama resmi hadir dalam kode body W460 dengan tahun produksi antara 1979 hingga 1992. 

Mobil produksi massal pertama dari G-Class keluar pada 1980 dimana Vatikan jadi salah satu konsumen awal jeep Mercy. Mobilnya dibuat khusus dilengkapi dengan bagian atas termoplastik bening yang berfungsi sebagai Popemobile.

Mercedes-Benz G-Class, Sempat Jadi Mobil Presiden RI dan Mobil Broadcasting TVRI

Mercedes-Benz G-Class resmi masuk ke Indonesia sejak seri W460, Unit yang datang ke Indonesia terdiri dari sasis pendek 3 pintu, sasis panjang 5 pintu, dan sasis panjang van 5 pintu.

Khusus untuk jeep Mercy versi van dengan long wheel base, umumnya unit pesanan khusus untuk kendaraan dinas TVRI dengan spesifikasi daya angkut berat. 

TVRI menggunakan tipe 290 GD sebagai mobile broadcasting van. Mobilnya dapat dengan mudah kita kenali karena dicat biru, dengan memakai velg kaleng sehingga tampak sederhana tapi tetap perkasa.

Jeep mercy milik TVRI ini dilengkapi AC split yang biasa kita temukan di rumah. Pemakaian AC tambahan ini dengan tujuan untuk mendinginkan peralatan siaran. Terdapat colokan untuk gensetnya di dekat plat nomor belakang. Selain TVRI, Radio Republik Indonesia atau RRI juga memakai G-Class namun dalam varian 5-pintu.

Mengapa jeep Mercedez Benz warna hitam sering digunakan untuk mengawal  pejabat penting negara hingga presiden? - Quora

Mercedes Benz  G-Class konon juga pernah menjadi mobil kepresidenan Indonesia pada akhir masa jabatan Presiden Soeharto. G-Class versi atap terbuka juga sering digunakan oleh presiden RI dalam upacara kenegaraan. Selain itu, instansi negara yang masih setia memakai Mercedes Benz G-Class ini ialah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) hingga saat ini dari seri W460 dan W461.

Untuk Jeep Mercy yang digunakan oleh Paspampres yaitu tipe G 270 CDI, dengan beberapa tambahan aksesoris khusus penunjang kegiatan pengamanan. Mulai dari lampu strobo, Gunner Roof Mount, Bullbar, Black Grill, Atap dan Gagang Kaca Spion.

Mercedes Benz Beri Pelatihan Pada Paspampres - blackxperience.com

Kemudian pada 2010, Paspampres mendapat tambahan sejumlah 30 unit G 300 CDI untuk keperluan pengawalan presiden dan wakil presiden. Paspampres menggunakan CDI G 300 warna hitam sedangkan untuk instansi Polisi Militer (PM) berwarna putih dan panji dengan lambang PM.

Mercedes-Benz G-Class W464, Jeep Mercy Paling Baru dan Modern

...

Pada seri terkini jeep Mercy yang ada di Indonesia, tersedia model Mercedes-AMG G 63 dengan seri sasis W464. Tidak seperti GLS yang dirakit lokal, G-Class tetap didatangkan secara utuh dari Austria. Adapun harga Mercedes-AMG G 63 di Indonesia sebesar Rp6.580.000.000 Off The Road.

Dengan harga lebih dari Rp6,5 miliar, Mercedes-AMG G 63 punya semua aspek dari sebuah mobil mewah. Mulai dari performa mesin yang perkasa, kabin dengan material premium, fitur canggih penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara, hingga eksterior dengan beberapa aksen AMG yang mempertegas citra mobil performa tinggi.

Pada bagian depannya, terdapat grill dengan bilah tegak yang dilapisi krom dengan logo Mercedes-Benz.  

Kemudian untuk pencahayaan lampu utama menggunakan  Bi-Xenon yang telah dibekali teknologi Integral Cornering Light Function dengan sistem pembersihan (washer lamp). 

Di sekeliling housingnya memakai DRL LED dengan bentuk lingkaran. Kemudian untuk rodanya memakai velg lebar dengan diameter 22 inci.

Beranjak ke sisi belakang, G 63 menggunakan lampu belakang berbentuk kotak dengan teknologi LED. Sementara itu, muffler knalpot sporty AMG Twin Tailpipes dilapisi ornamen krom memperkuat kesan mewah lagi premium. 

Mercedes-AMG G 63 juga menawarkan keunggulan dalam hal kemewahan. Terdapat sunroof yang dapat dioperasikan dengan satu sentuhan tombol untuk membuka panel di atap. 

Interior Glamor dari Jeep Mercy G 63

Masuk ke dalam kabin, kita disuguhi beragam fitur kelas atas dari sebuah mobil mewah. Interior G-Class memadukan desain timeless dengan teknologi mutakhir untuk menciptakan suasana santai sekaligus revolusioner. Ruang kemudi memakai setir AMG Performance yang dibalut nappa leather

Fitur multimedia panel Dual Head Unit berukuran 12 inci yang dapat digunakan untuk mengakses hiburan dengan berbagai format modern, seperti CD/DVD, Bluetooth, DAB Digital Radio Tuner, Apple CarPlay, dan Android Auto. Kualitas suaranya juga menonjol berkat adanya Burmester® surround sound system.

Performa Sangar Mercedes-AMG G 63

..Mercedes-Benz AMG G63 memiliki keunggulan dalam hal performa, serasa mobil sport. Jeep Mercy ini menggunakan mesin berkapasitas besar, yaitu V8 4.0 Liter Twin-Turbo dengan transmisi otomatis AMG SPEEDSHIFT TCT 9G.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 585 dk dan torsi sebesar 850 Nm. Dengan mesin tersebut, G 63 dapat mencapai kecepatan 100 Km/Jam dalam waktu hanya 4,4 detik. Kemampuannya pun layak disejajarkan dengan mobil sport walau mobil ini merupakan SUV atau jip dengan kemampuan jelajah yang tangguh. 

Mercedes-AMG G 63 memiliki dimensi 4.764 mm (panjang), 1.867 mm (lebar), dan 1.954 mm (tinggi), dengan ground clearance 241 mm. Mobil ini dibangun dengan sasis ladder frame yang kuat disiksa saat berjibaku di medan off road. Untuk kemampuan jelajah off road, terdapat differential lock untuk mengatur perputaran roda agar tidak selip di permukaan licin.

Meskipun berwujud mobil penjelajah, tapi G 63 juga tetap mengutamakan kenyamanan dalam berkendara. SUV mewah ini dilengkapi dengan suspensi depan AMG Ride Control adaptive damping suspension yang dikombinasikan dengan suspensi belakang Double-wishbone front/rigid-axle rear suspension.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang