Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kia Segera Rakit Mobil di Indonesia! Tahun Ini?

Berita Otomotif

Kia Segera Rakit Mobil di Indonesia! Tahun Ini?

JAKARTA – Kia bersiap melakukan perakitan mobil di Indonesia dalam waktu tak terlalu lama dari sekarang.

Hal itu dikatakan oleh Marketing and Development Division Head PT. Kreta Indo Artha Ario Soerjo di sela-sela Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, 10-19 Maret ini di Senayan.

“Segera,” ucapnya sambil tersenyum penuh arti ketika merespons pertanyaan Mobil123.com mengenai wacana perakitan lokal.

Sayang, dia tidak bersedia merincikan detail waktunya, pun mengungkap model apa yang bakal dirakit di negeri ini.

Kia, tegas Ario, bakal memanfaatkan pabrik-pabrik milik Indomobil Group dalam aktivitas perakitan lokal mereka.

Kia Carens

Kia, menurutnya, sejauh ini tidak punya rencana untuk ‘menumpang’ produksi di pabrik milik ‘kakak kandung’ mereka Hyundai di Cikarang, Bekasi.

“Indomobil punya fasilitas sendiri yang akan kami manfaatkan. Jadi, mungkin kami akan memaksimalkan apa yang sudah ada di Indomobil Group,” tandas Ario.

Keinginan untuk merakit lokal sudah Kia kumandangkan sejak bangkit kembali di pasar Indonesia di bawah Indomobil Group pada 2019, setelah sempat ‘mati suri’ karena agen pemegang merek sebelumnya mengalami kesulitan ekonomi.

Namun, kata Ario dalam wawancara virtual dengan Mobil123.com pada September 2020, studi produksi di dalam negeri terganggu oleh pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal tahun tersebut.

Masuk tahun keempatnya di bawah Indomobil Group, Kia telah memasarkan enam model.

Kia EV6

Daftarnya adalah Kia Seltos, Kia Sonet, Kia Grand Carnival, Kia Carens, Kia Big Up, dan yang terkini adalah Kia EV6 GT-Line AWD.

Model terakhir, EV6 GT-Line AWD, merupakan mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV). Crossover satu ini diperkenalkan pertama kali dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

EV6 tadinya hanya ingin dijadikan mobil eksebisi. Tapi, karena permintaan yang kencang, mereka mulai membuka pemesanan dalam pameran otomotif itu, kemudian mengumumkan harganya pada Januari 2023.

EV6 dijual seharga Rp1,299 miliar on the road (OTR) Jakarta.

Distribusi EV6 GT-Line AWD dimulai pada Maret ini. Seremoni penyerahan unit perdana telah berlangsung pada hari pertama GJAW 2023.

Terdapat 12 konsumen yang mendapatkan unit batch (kelompok) pertama dari EV6. Mereka semua memberikan uang muka sebesar Rp100 juta dan melunasi sisa harganya sebelum penyerahan unit. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang