Ketua MPR dan Politikus Golkar Bambang Soesatyo Jadi Duta Modifikasi

Berita Otomotif

Ketua MPR dan Politikus Golkar Bambang Soesatyo Jadi Duta Modifikasi

JAKARTA – Dunia modifikasi Indonesia kini punya seorang duta. Sosok tersebut bukanlah seorang artis, melainkan elite politik nasional.

Umumnya, yang digaet sebagai duta di dunia bisnis maupun olahraga adalah artis. Tapi langkah berbeda diambil oleh National Modificator and Aftermarket Association (NMAA).

Asosiasi modifikasi plus aftermarket pertama sekaligus terbesar di Tanah Air ini menggandeng Ketua Majeles Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo sebagai Duta Modifikasi. Sang pejabat negara pun, dalam audiensi di Gedung Nusantara III MPR RI beberapa waktu lalu, menyatakan kesediaannya.

“Saya melihat industri modifikasi Indonesia saat ini berkembang pesat yang dilakukan anak-anak muda kita. Saya mendukung kegiatan, kreativitas, dan inovasi anak-anak muda ini untuk membangun industri otomotif khususnya modifikasi,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi NMAA yang diterima Mobil123.com.

NMAA sendiri bakal menggelar Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 pada 10 Oktober mendatang secara hybrid, alias offline (luring) dan daring (online), dengan tiket yang dijual secara digital mulai 30 Juli. Salah satu suguhannya adalah modifikasi 3 unit motor listrik Gelis oleh 3 modifikator kenamaan Tanah Air.

Ekonomi Kreatif
Industri modifikasi, menurut Bamsoet, bisa turut menggerakkan roda perekonomian nasional sebagai bagian dari ranah ekonomi kreatif yang didukung pemerintah. Hal ini, menurut pria yang juga gemar melihat kendaraan modifikasi tersebut, banyak terlihat di negara-negara maju.

Indonesia, lanjut Bamsoet, punya modal bagus yaitu penduduk usia muda yang dominan. Ada sekitar 64 juta penduduk berusia 16 – 30 tahun, dari total penduduk lebih dari 260 juta jiwa.

“Itu membuat pengembangan usaha modifikasi otomotif sangat cerah. Apalagi jika didukung regulasi yang memadai sehingga kendaraan hasil karya modifikasi dapat memenuhi standar keselamatan, berdokumen resmi, dan bisa menjadi bagian dunia otomotif yang bernilai jual,” tukas dia.

Andre Mulyadi, Founder NMAA, bangga dengan kesediaan Bamsoet sebagai Duta Modifikasi Indonesia. Ia menjelaskan dukungan Bamsoet sebagai elite politik bisa membuat pelaku industri modifikasi bersemangat.

“Dukungan besar dan arahan Pak Bamsoet dalam dunia modifikasi Tanah Air sangat kita apresiasi dan tunggu-tunggu. Dengan bergulirnya perhatian Pemerintah dan Wakil Rakyat, dalam hal ini Pak Bamsoet menjadi semangat tersendiri bagi para pelaku industri modifikasi dan aftermarket Indonesia. Maka sebuah kehormatan besar untuk menyambut Pak Bamsoet menjadi duta modifikasi Tanah Air,” pungkas Andre. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar