Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kawasan Puncak Terapkan Ganjil-Genap Dua Hari, 31 Mei & 1 Juni 2022

Berita Otomotif

Kawasan Puncak Terapkan Ganjil-Genap Dua Hari, 31 Mei & 1 Juni 2022

JAKARTA - Kawasan Puncak, Bogor memberlakukan ganjil-genap pertengahan pekan ini untuk ‘menyambut’ hari libur nasional pada 1 Juni 2022.

Ganjil-genap di Puncak, seperti dilaporkan situs NTMC Polri, berlaku selama dua hari yaitu pada Selasa (31/5/2022) serta Rabu (1/6/2022). Pada hari pertama, ganjil-genap berlaku setelah jam makan siang.

“Mulai pkl.14.00 WIB,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana.

Adapun ganjil-genap di kawasan wisata beriklim dingin itu pada hari kedua berlangsung selama 24 jam alias satu hari penuh.

ganjil-genap

Sekadar mengingatkan, 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus hari libur nasional. Ini diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

1 Juni 2022 juga ditetapkan sebagai tanggal merah dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri. Ada Menteri Agama (Nomor 375 Tahun 2022), Menteri Ketenagakerjaan (Nomor 1 Tahun 2022), serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Nomor 1 Tahun 2022).

Ganjil-genap sendiri merupakan rekayasa lalu lintas berdasarkan tanggal dan pelat nomor kendaraan. Pelat nomor ganjil hanya boleh lewat di tanggal ganjil, demikian pula sebaliknya.

Ganjil-genap di Puncak selama dua hari ini tidak hanya menyasar kendaraan penumpang roda empat. Sepeda motor pun ikut menjadi target.

“Iya, semua kendaraan (mobil dan motor) seperti biasa,” tegas Ketut lagi.

One Way Puncak Situasional

Selain menerapkan ganjil-genap di kawasan Puncak, kepolisian juga bersiap memberlakukan one way (arus satu arah). Namun, rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional.

One way di Puncak baru berlaku ketika terjadi kemacetan selama tanggal merah besok.

“Kalau memang ada kepadatan lalu lintas, kita berlakukan. Tapi, kalau tidak ada kepadatan, tidak kita lakukan. Melihat volume kendaraan di jalur puncak,” tutup Ketut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang