Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kaleidoskop 2022: Indonesia Mulai Produksi Mobil Listrik!

Berita Otomotif

Kaleidoskop 2022: Indonesia Mulai Produksi Mobil Listrik!

JAKARTA – Indonesia ‘naik kelas’ pada 2022, dari negara yang hanya memproduksi mobil bermesin konvensional menjadi perakit mobil listrik.

Tahun ini, mobil-mobil listrik rakitan lokal akhirnya meluncur di Indonesia.

Teknologinya juga beragam. Ada mild hybrid yang masih sangat mirip kendaraan konvensional, hybrid, maupun mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 menjadi pembuka. Mobil listrik murni itu meluncur pada hari terakhir Maret, dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Harga on the road (OTR) Jakarta Ioniq 5 per Desember, menurut penelusuran di situs resmi salah satu mitra diler Hyundai, berkisar antara Rp748 juta sampai Rp859 juta.

Selanjutnya adalah Suzuki Ertiga mild hybrid yang mengaspal pada Juni. Adapun harganya pada bulan ini Rp270,3 juta hingga Rp292,3 juta OTR Jakarta, menurut situs resmi jenama tersebut di Tanah Air.

Suzuki Ertiga mild hybrid

Pada Agustus, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, muncul Wuling Air EV yang langsung menjadi mobil listrik murni termurah di negeri ini.

Kendaraan berdimensi mungil ini, sampai sekarang, masih dijual Rp238 juta OTR Jakarta untuk tipe Standard Range (jarak tempuh 200 km) serta Rp295 juta bagi tipe Long Range (300 km).

Wuling Air EV

Jenama asal China tersebut melanjutkan ‘serangan’ di pasar elektrifikasi dengan merilis Wuling Almaz hybrid pada awal November. Banderolnya, sejak meluncur hingga berita ini dinaikkan, tetap Rp470 juta OTR Jakarta.

Almaz hybrid membuat Wuling menjadi satu-satunya pabrikan otomotif yang merakit dua teknologi mobil listrik di Bumi Pertiwi.

Wuling Almaz hybrid

Pada akhir Novembernya, Toyota Kijang Innova Zenix hybrid menyusul hadir. Bahkan, generasi ketujuh dari multi purpose vehicle (MPV) legendaris Toyota di Indonesia tersebut langsung menjadi mobil hybrid termurah.

Tapi status tersebut hanya dipegang oleh tipe terbawahnya yakni Kijang Innova Zenix Hybrid G CVT dengan banderol Rp458 juta OTR Jakarta. Tipe teratasnya, Q CVT Modellista, berbanderol Rp614 juta OTR Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Dengan kemunculan model-model di atas, berarti empat dari 10 merek mobil terlaris di Indonesia (Toyota, Suzuki, Hyundai, Wuling) sudah merakit lokal mobil listrik. Dua di antaranya (Toyota, Suzuki) berada di lima besar.

Hal itu berdampak positif bagi pasar mobil listrik.

Menurut Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam End Year Gathering 2022, penjualan wholesales mobil listrik dari berbagai teknologi meroket empat kali lipat, dengan perubahan komposisi dari 0,4 persen menjadi 1,6 persen dari total pasar mobil nasional yang mencapai 942.499 unit. [Xan]

>>>>> https://www.mobil123.com/mobil-baru-dijual/indonesia" style="box-sizing: border-box;cursor:pointer; line-height:inherit !important">Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang