Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jualan Tiga Tahun, Siapa Saja yang Beli Bus Listrik MAB-nya Moeldoko?

Berita Otomotif

Jualan Tiga Tahun, Siapa Saja yang Beli Bus Listrik MAB-nya Moeldoko?

JAKARTA – Tiga perusahaan diklaim sudah membeli dan menggunakan bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB), produsen otomotif yang didirikan Moeldoko.

Sekadar mengingatkan, Moeldoko saat ini merupakan Kepala Staf Kepresidenan. Dia juga Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) serta mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Lebih lanjut, Head of Business Development, Sales, and After Sales Service MAB B. Prabowo Kartoleksono menjelaskan pihaknya sudah berjualan tiga tahun. Mereka memulainya pada 2019.

“Pembeli pertamanya justru Jepang. Perusahaan Mitsui. Mereka membeli untuk ditaruh di anak perusahaan yaitu PT. Paiton Energy. Sampai sekarang masih running (beroperasi) sejak 2019,” ucap dia di Pressday Perikilindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, Jumat (22/07/2022) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada 2020, pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Beberapa perusahaan yang ingin memesan kemudian mundur.

Setahun setelah itu, masuklah pemesanan dari PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang Prabowo sebut sebagai salah satu pabrik kertas terbesar di dunia dan telah mengekspor ke 100 negara.

“Mereka harus menurunkan emisi karbon karena kalau mau ekspor harus diaudit emisi karbonnya seperti apa. Carbon footprint istilahnya,” pungkas dia.

“Mereka switching (beralih) dan bikin pilot project bus listrik. Mereka membeli dua. Pilot project tersebut sudah selesai. Satu atau dua bulan lalu, mereka menaruh order lagi empat unit,” lanjut Prabowo.

RAPP, menurutnya, juga berencana mempercepat pemesanan bus listrik untuk 2023 menjadi tahun ini akibat harga bahan bakar minyak (BBM) yang makin menjulang. Kemungkinan, order akan dilakukan pada Agustus 2022.

Korporasi terakhir yang telah menggunakan bus listrik MAB adalah PT. Kideco Jaya Agung, anak perusahaan PT. Indika Energy. Mereka menggunakannya di Paser, Kalimantan Timur.

“Mereka sudah pakai di pertambangan mereka. Jadi, bus MAB yang tadinya untuk perkotaan sama mereka dipakai di tambang. Kami, sih, senang. Kami bisa melihat, apa (komponen) yang rusak duluan. Ternyata alhamdulillah beroperasi terus, dipakai terus. Mereka mau repeat order juga,” aku Prabowo. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang