Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jokowi Tetap Kebut Bangun Jalan Tol di Tengah Pandemi

Berita Otomotif

Jokowi Tetap Kebut Bangun Jalan Tol di Tengah Pandemi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  memerintahkan jajarannya untuk mempercepat pembangunan jalan tol.

Selama pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), perhatian masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur semakin tergerus. Hal ini karena masyarakat lebih mementingkan kesehatan dan kebutuhan hidup sehari-hari.

Namun Presiden Jokowi melihat bahwa pembangunan infrastruktur tetap harus dilakukan. Hal ini karena infrastruktur dapat memutar mempercepat pemulihan perekonomian di masa depan yang terpukul akibat pandemi.

“Hari ini, saya bersama jajaran terkait,  membahas percepatan proyek strategis nasional jalan tol, yaitu jalan tol Trans-Sumatra dan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Istana Merdeka. Kedua jalan tol memiliki peran yang strategis, memberikan daya ungkit percepatan pemulihan ekonomi nasional kita,” ungkap Presiden Jokowi.

Ia pun menargetkan pembangunan jalan tol Sumatera yang sepanjang 2.765 kilometer agar dapat selesai tahun 2024. Itu artinya, jalan Tol Sumatera diharapkan dapat rampung sepenuhnya pada akhir masa jabatan Presiden Jokowi.

Sedangkan untuk jalan tol Cisumdawu, Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus. Hal ini karena masih adanya kendala terkait pembebasan lahan dan dan pengembalian dana talangan tanah. Ia menilai bahwa permasalahan tersebut terhambat karena urusan administrasi yang seharusnya sudah ada solusi tetap sehingga tidak menghambat pembangunan.

“Berbagai kendala aturan teknis dan prosedur administrasi seperti ini terus berulang-ulang dan tidak ada penyelesaian permanen ini. Penyelesaiannya selalu kasus per kasus. Solusinya seharusnya adalah regulasi yang sederhana, ringkas, dan cepat,” tegasnya.

Sementara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) saat ini mengklaim masih terus membangun jalan tol Trans Sumatera. Hingga saat ini tercatat sudah ada 467,6 km jalan tol trans Sumatera yang beroperasi.

Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar – Pematang Panggang–Kayu Agung sepanjang 189 km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 10,46 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62,2 km dan Belawan – Medan – Tanjung Morawa 43 km.  Sedangkan untuk ruas Pekanbaru – Dumai sejauh 131 km kini sudah siap diresmikan dalam waktu dekat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang