Esemka Bima Jadi Kendaraan Operasional BUMDes Boyolali dan Marinir

Berita Otomotif

Esemka Bima Jadi Kendaraan Operasional BUMDes Boyolali dan Marinir

JAKARTA – Akhirnya, Esemka kembali menunjukkan pergerakan mereka ke publik. Informasi terkini, pikap Esemka Bima 1.3 dipakai oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Boyolali, Jawa Tengah serta dihibahkan ke Marinir.

Esemka merupakan merek mobil lokal yang meresmikan pabrik di Boyolali pada September 2019. Namun nama mereka sudah terdengar oleh publik jauh sebelum itu dengan kabar yang timbul – tenggelam. Hingga detik ini, Esemka baru meluncurkan secara resmi satu model yakni pikap Bima.

Presiden Jokowi Mencoba Esemka Bima pada 2019
Bima sendiri diduga sebagai versi rebadge (ganti logo) dari mobil China Changan Star Truck. Pemicunya adalah kemiripan desain plus kesamaan spesifikasi mesin kedua model.

Lebih lanjut, para pengguna terbaru dari pesaing Daihatsu Gran Max itu diumumkan via akun resmi di Instagram yang hadir sejak akhir 2020. Pada bagian bio (penjelasan), disebutkan akun bernama @esemka ini ‘dikelola oleh PT. Solo Manufaktur Kreasi’ yang merupakan pabrikan dari merek kendaraan asal Surakarta, Jawa Tengah tersebut.

Di antara unggahan – unggahan terbaru @esemka, tampak foto serah – terima satu unit pikap Bima dari perwakilan pabrikan kepada aparatur desa Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali pada akhir Januari 2021. Mobil niaga ringan itu menjadi kendaraan operasional untuk menunjang kegiatan usaha BUMDes Kebonan.

Ada pula foto serah – terima hibah tiga unit pikap Bima kepada Korps Marinir. Acara itu sendiri, menurut administrator akun, sebenarnya berlangsung pada 2 Juli 2020 di Gedung Utama Markas Komando Korps Marinir, Kwitang, Jakarta Pusat.

Penghibahnya adalah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia serta eks Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Ketiga unit hibah diserahkan secara simbolis kepada Dandema Kormar Letkol Marinir Bob Osianto Siregar.

“Atas nama Korps Marinir, saya mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada Bapak Jonan atas partisipasinya yang telah menghibahkan tiga unit kendaraan Bima 1.3 dalam keadaan baru,” ucap dia, seperti tertulis di keterangan foto.

Menurutnya, masing – masing unit ditempatkan di Denma Mako Kormar, Pasmar 1 Jakarta, plus Lanmar Jakarta. Marinir menggunakan pikap Bima untuk membantu serta menunjang kegiatan sehari – hari. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar