Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jangan Balap Liar, Ya! Polisi Tentukan 3 Lokasi Street Race di Sekitar Jakarta

Berita Otomotif

Jangan Balap Liar, Ya! Polisi Tentukan 3 Lokasi Street Race di Sekitar Jakarta

JAKARTA - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah menentukan setidaknya tiga lokasi balap jalanan atau street race di sekitar Ibu Kota, demi mengurangi aksi balap liar.

Satu lokasi street race, seperti dilaporkan situs NTMC Polri pada awal pekan ini, berada di Tangerang, Banten. Dua lainnya berada di Bekasi, Jawa Barat baik itu di wilayah kota maupun kabupaten.

“Ada tiga lokasi yang disiapkan. BSD (Bumi Serpong Damai), Meikarta, dan Vida Bekasi Kota,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Adapun waktunya street race di masing-masing lokasi belum ditentukan. Menurut Sambodo, mereka masih harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Nanti kita atur waktunya,” jelas dia.

Street race resmi pertama kali digelar oleh Polda Metro Jaya pada 16 Januari 2022 kemarin di Ancol, Jakarta Utara. Pesertanya berjumlah 350 orang, termasuk di antara para pelaku--biasa disebut joki--balap liar.

Harapannya, dengan street race tersebut, jumlah balap liar yang mengganggu lalu lintas maupun berpotensi membahayakan keselamatan para pengguna jalan di Ibu Kota dan sekitarnya dapat berkurang.

Street race Ancol terbagi menjadi tujuh kelas. Ada matik 4 tak, sport 2 tak, sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, FFA, sport 4 tak.

Para peserta terlebih dahulu mendaftar secara daring (online) dengan biaya Rp100 ribu.

Lebih lanjut, Sambodo memaparkan kalau street race di tiga lokasi di Tangerang serta Bekasi masih menggunakan format latihan. Keputusan diambil bersama-sama dengan komunitas-komunitas pembalap.

“Jadi ini formatnya adalah latihan bersama. Tidak ada juara 1, 2, ataupun juara 3. Para komunitas yang mengatur dan alhamdulillah dengan format seperti ini acara berjalan dengan lancar, aman, tertib dan everybody happy, penontonnya dapet, crowd-nya dapet,” kata dia.

Di sisi lain, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menambahkan 14 komunitas balap sejauh ini telah ikut serta dalam street race di Kabupaten Bekasi nanti. Konsep acara bakal dimatangkan bersama-sama dengan mereka.

“Kami sudah komunikasi dengan komunitas, ada 14 komunitas yang memang berbasis di Bekasi,” tandas dia.

Harapannya, street race Bekasi bisa lebih meriah ketimbang ajang pembuka di Ancol. Adapun perkiraan waktunya antara pertengahan atau akhir Februari. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang