Jalan Medan Merdeka Barat dan Harmoni Ditutup karena Demo Harga BBM

Berita Otomotif

Jalan Medan Merdeka Barat dan Harmoni Ditutup karena Demo Harga BBM

JAKARTA – Jl. Medan Merdeka Barat dan Jl. Harmoni ditutup karena adanya aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Ada pula pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara.

Penutupan Jl. Medan Merdeka Barat serta Jl. Harmoni, menurut laporan di situs NTMC Polri, berlangsung pada Senin (12/9/2022) menjelang siang.

Pasalnya, Persatuan Alumni 212 (PA 212) yang berisikan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF Ulama) serta Front Persaudaraan Islam (FPI) berencana melakukan unjuk rasa menentang kenaikan harga BBM di depan Istana Negara.

“Mulai jam 11.00 WIB, sehingga arus lalu lintas akan dialihkan,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Usman Latif.

Sekadar mengingatkan, pemerintah menaikkan harga dua jenis BBM Subsidi yaitu Pertalite dan Bio Solar pada Sabtu (3/9/2022). Kenaikan harga minyak mentah dunia akibat invasi Rusia ke Ukraina sejak awal 2022 memicu lonjakan harga BBM plus anggaran subsidi yang tak dapat lagi ditahan oleh pemerintah.

Harga Pertalite naik dari Rp7.650 ke Rp10 ribu per liter. Adapun banderol Bio Solar meningkat dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter.

Demo PA 212 yang dinamakan ‘Aksi 1209 AKBAR Aksi Bela Rakyat’ yang berlangsung hari ini menyuarakan tiga tuntutan. Mereka meminta pemerintah menurunkan harga BBM, menurunkan harga-harga lainnya, plus menegakkan supremasi hukum.

Pengalihan Arus Lalu Lintas Sekitar Istana Negara

Akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya pagi ini menjabarkan detail pengalihan arus lalu lintas di seputaran Istana Negara karena aksi demonstrasi PA 212. Ada empat poin yang perlu diperhatikan oleh para pengguna jalan serta pemakai kendaraan di sekitarnya.

Berikut rinciannya:

  • Arus lalu lintas dari arah Hotel Indonesia (HI) menuju Jl. Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jl. Budi Kemuliaan atau Jl. Medan Merdeka Selatan
  • Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jl. Medan Merdekat Utara dialihkan ke Jl. Perwira (situasional)
  • Arus lalu lintas dari arah Jl. Hayam Wuruk menuju Jl. Majapahit atau Jl. Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jl. Juanda atau Jl. Suryopranoto
  • Arus lalu lintas dari Jl. Abdul Muis menuju Jl. Gajah Mada dialihkan ke Jl. Tanah Abang Satu

Tidak dijelaskan, sampai jam berapa penutupan maupun pengalihan arus di sekitar Jl. Medan Merdeka Barat, Jl. Harmoni, maupun Istana Negara itu berlangsung. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang