Jakarta Bisa Lancar dengan Cara Ini

Berita Otomotif

Jakarta Bisa Lancar dengan Cara Ini

JAKARTA – Kemacetan di Jakarta seakan tidak dapat diatasi lagi, meski Pemerintah telah melakukan beragam program.

Mulai dari Three in One yang digantikan dengan pembatasan kendaraan ganjil-genap hingga pelarangan sepeda motor di sejumlah ruas jalan protocol. Namun kenyataannya, program tersebut belum terbukti efektif mengurangi kemacetan.

Sebenarnya, apa yang membuat jalan itu macet? Jika Anda paham bagaimana cara kerja lalu lintas, maka Anda tentu tahu bahwa penyebab utama kemacetan jalan. Ini berawal sejak saat seseorang menginjak pedal rem sehingga membuat mobil dibelakangnya mengurangi kecepatan atau bahkan berhenti dan membuat jalanan macet berkilo-kilo meter.

Situs CGP Grey menjelaskan sesungguhnya kondisi ini disebabkan oleh masalah yang sangat sederhana,  Cukup dengan menjaga jarak antar kendaraan.

‘Hanya menjaga jarak’, terdengar sederhana ya? Tapi saat melakukan, percayalah bahwa ternyata itu tidak mudah. Alasannya pun sederhana, tidak semua pengendara menyadari prinsip ini. Pengemudi juga kurang presisi dan konsisten untuk menjaga jarak yang sama sepanjang waktu. Tak hanya itu, Anda juga tidak bisa mengontrol jarak kendaraan di belakang Anda.

Solusinya dari permasalahan ini jatuh pada penggunaan mobil otonom. Semakin banyak mobil otonom di jalan, semakin banyak mereka berkomunikasi dan mematuhi peraturan lalu lintas akan membuat mobilitas lebih efisien dari pengendara manusia selama ini.

Bahkan, karena semua mobil bisa berkomunikasi satu sama lain, maka di persimpangan sekalipun tidak perlu ada lampu lalu lintas. Mobil bisa melintas dengan kecepatan yang sama tanpa harus terjadi kecelakaan. Mungkin, hal ini akan segera terwujud. Namun sebelum itu semua, nikmatilah mengemudi sendiri terlebih dahulu dan tentunya, kemacetan itu sendiri.

[Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual