Inilah Roda Berbahan Serat Karbon Produksi Massal Pertama Dunia

Berita Otomotif

Inilah Roda Berbahan Serat Karbon Produksi Massal Pertama Dunia

DEARBORN - Bagi para penggila otomotif, pelek berbahan serat karbon tentu menjadi idaman. Dan ternyata, roda berbahan serat karbon kini sudah diproduksi mulai massal. Ford adalah pionirnya.

Sebelumnya roda berbahan serat karbon memang sudah ada di pasaran, tapi biasanya  hanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Kini, Ford mengembangkannya menjadi sebuah produk produksi massal dan mobil pertama yang menggunakannya adalah Shelby Mustang GT350R.

Ford mengklaim menjadi produsen mobil besar pertama yang menawarkan roda berbahan serat karbon untuk kendaraan produksi massal meski sebenarnya produsen supercar seperti Koenigsegg atau pemasok roda aftermarket sudah memproduksinya walau dalam jumlah kecil.

Untuk membuat roda serat karbon ini, Ford bekerja sama dengan pemasok Australia bernama Carbon Revolution.

Menurut mereka, penggunaan roda bahan serat karbon secara langsung dapat mengurangi keseluruhan bobot mobil  dan meningkatkan handling karena hanya memiliki bobot 18 pon (8,1 kg), bandingkan dengan roda berdesain sama dengan bahan aluminium bisa mencapai 33 pon (14,9 kg).

"Roda serat karbon mengurangi berat badan kendaraan hingga 60 pon  (27,2 kg) bila dibandingkan dengan aluminium, namun lebih kaku agar respon kemudi lebih baik," kata Ford Performance chassis supervisor Adam Wirth.

"Kami percaya ini adalah akan mengubah permainan di industri, contoh yang bagus dari peningkatan kinerja melalui inovasi."

Untuk Shelby Mustang GT350R, pelek berbahan serat karbon dilapisi dengan lapisan khusus berwarna hitam yang bisa mereduksi efek negatif paparan garam, radiasi UV hingga bahan kimia di jalan.

Dengan hadirnya pelek ini, tentu akan membuat Shelby Mustang GT350R makin sporty. Terlebih baik Shelby Mustang GT350 maupun Shelby Mustang GT350R sudah dibekali mesin terbaru dari Ford.

Mesin berkonfigurasi V8 itu memiliki kapasitas 5.2 liter yang mampu memuntahkan kekuatan 526 tenaga kuda dengan torsi 429 Nm. Dan Shelby Mustang GT350R akan mulai berada di showroom di Amerika pada akhir tahun ini. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter   



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual