Ini Tips Memilih Helm yang Aman

Panduan Pembeli

Ini Tips Memilih Helm yang Aman

JAKARTA – Helm memiliki fungsi sangat penting bagi keselamatan berkendara sepedamotor.

Helm memiliki tugas untuk melindung kepala dari benturan langsung ketika terjadi kecelakaan. Untuk itulah, helm menggunakan bahan yang tahan terhadap benturan seperti Kevlar atau serat resin. Berdasarkan Undang Undang No.14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib bagi para pengendara motor.

“Seringkali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung yang penting, dan itu merupakan suatu kesalahan,” ungkap Frans Frans Lee, dari Cargloss Proriders, distributor merk helm Arai di Indonesia.

“Helm merupakan perlengkapan wajib berkendara untuk menjaga keselamatan, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar dapat menjaga keselamatan kepala Anda saat terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya.”

Lantas bagaimanakah cara memilih helm yang baik? Berikut ulasannya.

  1. Pastikan untuk memilih helm sesuai dengan ukuran kepala. Jangan terlalu sempit karena akan membuat Anda merasa sakit di bagian kiri/kanan dan atas kepala. Sementara bila terlalu longgar, maka Anda akan merasa kurang nyaman karena helm goyang. Selain itu, helm longgar juga berbahaya pada saat terjadi benturan.
  2. Pilih helm yang bahannya keras. Bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan yang lebih baik. Sementara bila bahannya lentur justru kurang dapat melindungi kepala.
  3. Helm harus melindungi seluruh bagian tempurung kepala. Usahakan fullface atau setidaknya openface karena kedua helm ini yang paling maksimal dalam melindungi kepala.
  4. Bahan bagian dalam helm sebaiknya yang menggunakan bahan dari kain lembut dengan kemampuan menyerap keringat tinggi. Bahan lembut akan membuat Anda menjadi lebih nyaman memakai helm walau dalam waktu lama.
  5. Pilih helm dengan lapisan pengaman dalam tebal. Fungsinya adalah untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras dan dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.
  6. Tali pengikat helm harus kuat. Tali pengikat berfungsi agar helm tidak mudah terlepas dari kepala saat terjatuh atau terjadi benturan.
  7. Pilihlah helm memenuhi standard yang ditentukan karena berarti sudah melewati proses uji, sehingga Anda akan merasa lebih aman menggunakan helm  tersebut.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support