Ini Program Baru untuk Nilai Keselamatan Mobil

Berita Otomotif

Ini Program Baru untuk Nilai Keselamatan Mobil

CALIFORNIA - Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengeluarkan program baru terkait penilaian rating keselamatan sebuah kendaraan.

Program tersebut disebut dengan rear crash prevention ratings, akan mengklasifikasikan kendaraan dengan fitur keselamatan yang dapat menghindari kecelakaan belakang. Termasuk sensor parkir, rear cross-traffic alert, rear automatic emergency braking system dan kamera parkir.

IIHS akan memberikan nilai tertinggi untuk kendaraan yang telah dilengkapi dengan rear automatic emergency braking system. Dan untuk mendapat nilai tertinggi, mobil yang harus diuji dengan menggunakan fitur tersebut. Nantinya, mobil yang sudah menggunakan fitur tersebut akan diberikan rating yaitu superior dan advanced.

Dalam sistem penilaian IIHS terbaru, kendaraan yang dilengkapi dengan fitu rear crash prevention systems sebagai optional atau standard akan diberikan rating superior, advanced atau basic tergantung teknologi mobil. Pengujian akan selesai setelah mobil berhasil menjukkan perfoma dari rear automatic brakes dengan melakukan car-to-car dan car-to-pole tests dengan angle berbeda.

“Hadapi saja. Kadang kita memang membutuhkan bantuan untuk melihat bagian belakang kendaraan kira. Dan sistem ini akan membantu untuk mengurangi terjadinya tabrak belakang,” ungkap David Zuby, Executive Vice President and Chief Research Officer IIHS.

Berdasaerkan data IIHS, pengereman otomatis berhaisl mengurangi kecelakaan hingga 78 persen. IIHS pun menilai bahwa teknologi tersebut dibutuhkan kendaraan, guna meningkatkan tingkat keselamatan berkendara. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support