Ini Pemicu Tumbuhnya Mobil Bekas di Indonesia

Panduan Pembeli

Ini Pemicu Tumbuhnya Mobil Bekas di Indonesia

JAKARTA – Pasar mobil bekas di Indonesia terus tumbuh dan bergairah karena kondisi perpajakan yang berlaku.

Meskipun pasar mobil bekas tergerus oleh hadirnya Low Cost Green Car (LCGC), konsumen di segmen ini terus tumbuh dari tahun ke tahun. Hal ini diungkapkan Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) di acara yang digelar Mobil123.com dengan tajuk Mobil Bekas Solusi Kebutuhan Anda.

“Menurut saya mobil bekas tetap punya segmen yang terus berkembang. Orang-orang yang ngga mau repot, ngga mau ruginya banyak, yang dipakai baru satu tahun dan modelnya tidak ketinggalan. LCGC pasti mempengaruhi tapi sekarang orang membeli mobil lebih ke daya beli,” ujar Hendrik di Jakarta.

Artikel bersambung dibawah

Menurutnya, penerapan pajak di Indonesia seperti Tax Amnesty dan Wajib Lapor memberi pengaruh bagi tumbuh kembangnya mobil bekas. Selain itu, pajak progresif pada mobil baru yang lebih tinggi membuat konsumen lebih memilih mobil bekas.

“Daya beli masyarakat akan mobil bekas selalu ada menurut saya. Tapi dengan kondisi ekonomi berupa pajak, tax amnesty, wajib lapor memberikan pengaruh pada penjualan mobil bekas. Pajak progresif juga berpengaruh jadi tidak langsung isi nama. Kami melihat mobil bekas yang beredar lebih besar 4-5 kali dari mobil baru,” jelas Hendrik.

Melihat pasar mobil bekas yang selalu tumbuh setiap tahunnya, HMI terus memperkuat divisi mobil bekas mereka Hyundai Autosave. Hendrik menambahkan pihaknya sedang dalam diskusi untuk melakukan ekspansi di beberapa kota besar.

“Autosafe memiliki visi untuk memberikan kepercayaan dan rasa aman pada pelanggan akan resale value used car Hyundai. Kami memberikan garansi tiga tahun uang kembali jika membeli mobil bekas di Hyundai Autosafe,” jelas Hendrik.

Hendrik menambahkan, meskipun pihaknya fokus untuk menjual mobil baru, Hyundai tetap memandang cukup seksi segmen mobil bekas  di Tanah Air. Karena secara tidak langsung keduanya memiliki keterkaitan dan dapat bersinergi dengan baik. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual