Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Info Mudik 2018: 333 Orang Meninggal Saat Mudik Lebaran

Berita Otomotif

Info Mudik 2018: 333 Orang Meninggal Saat Mudik Lebaran

JAKARTA – Jumlah korban jiwa akibat kecelakaan yang terjadi saat arus mudik 2018 mencapai 333 jiwa.

Sejak hari pertama Operasi Ketupat yang diselenggarakan pada 7 juni hingga H+3 Lebaran, sedikitnya telah terjadi 1.438 kecelakaan dan melibatnya 2.950 kendaraan. Jumlah tersebut diklaim berkurang bila dibandingkan dengan jumlah kecelakaan para arus mudik tahun lalu yang mencapai 2.110 kecelakaan lalu lintas dan melibatkan 4.498 kendaraan.

“Dibanding tahun lalu, terdapat penurunan korban jiwa dalam periode yang sama. Pada 2017 ada 815 orang meninggal dunia sementara di 2010 hingga H+3 Lebaran berjumlah 333 orang,” ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H.

Kecelakaan umumnya melibatkan kendaraan roda dua dengan 2.088 kejadian sementara untuk kendaraan roda empat mencapai 412 kejadian. Sedangkan untuk kecelakaan yang melibatkan bus mencapai 51 kejadian.

Meski sudah mengumumkan bahwa angka kecelakaan menurun, namun operasi Ketupat masih akan dilangsungkan hingga setidaknya pada tanggal 24 Juni mendatang. Diperkirakan, pada tanggal 23 dan 24 Juni akan terjadi puncak arus balik gelombang kedua.

Dalam kondisi puncak arus mudik mendatang, berpontensi kecelakaan akan terjadi. Untuk itu diharapkan pemudik yang ingin kembali ke kota tujuan memastikan kondisi pengemudi dan kondisi kendaraan berada dalam kondisi prima.

Operasi Ketupat sendiri diikuti oleh 177 ribu personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan sejumlah personel dari instansi terkait. Dengan operasi ini diharapkan arus mudik dapat lebih aman dan lancar. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang